Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorMusim Penghujan, Bupati Bogor Himbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Musim Penghujan, Bupati Bogor Himbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Bogordaily.net Iwan Setiawan menghimbau masyarakat tetap waspada dalam menghadapi peralihan musim, dari musim panas ke musim penghujan di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Iwan Setiawan, saat ini tercatat ada sekitar 20 Kecamatan yang rawan terjadinya bencana, dan meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati saat menghadapi cuaca ekstrem di Bogor.

“Ini kan udah musim hujan, kekeringan udah lewat, saya menghimbau hati-hati kepada masyarakat apalagi yang daerah rawan bencana ada 20 lebih Kecamatan yang rawan bencana. Hati-hati bila menghadapi hujan besar, petir, dan longsor,” kata Iwan Setiawan kepada wartawan di Puncak Bogor, Rabu 8 November 2023.

Baca juga : Langgar Kode Etik Berat, Paman Gibran Anwar Usman Dipecat MKMK

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah bekerja sama dengan Desa Tangguh Bencana (Bencana) untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana khususnya di beberapa daerah rawan bencana.

“Ada preventif kita juga ada Destana yang sudah dibentuk, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang ada di daerah rawan untuk berhati-hati bilamana malam hari ada hujan. Caranya yakni hindari dan jangan terlalu lengah saat hujan, kan bisa dicegah oleh kita jika tau mitigasinya,” jelasnya.

Baca juga : Grok Ai Milik Elon Musk yang Super Canggih dan Humori

Ia menambahkan, pihaknya juga turut meminta agar Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) untuk senantiasa memberikan pelatihan dalam menghadapi bencana kepada masyarakat melalui Destana.

“Saya sudah bekalkan BPBD di Bogor ini pelatihan kepada Desatana di tingkat desa, untuk bagaimana pencegahan menghadapi bencana,” ujar Iwan Setiawan.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here