Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorPerhimpunan MLDV dan Ikatan Fisioterapi Indonesia Bakti Sosial Edukasi dan Home Program

Perhimpunan MLDV dan Ikatan Fisioterapi Indonesia Bakti Sosial Edukasi dan Home Program

Bogordaily.net – Perhimpunan Manual Lymph Drainage Vodder (MLDV) bersama dengan Ikatan Fisioterapi Indonesia Cabang Bogor telah sukses menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dan home program untuk penderita limfedema, khususnya yang disebabkan oleh kanker payudara.

Kerjasama ini melibatkan Kota Bogor, sebagai langkah bersama dalam memberikan dukungan dan informasi kepada penderita kanker payudara.

Kegiatan ini diadakan secara offline dengan beberapa sesi yang mencakup penyampaian materi, diskusi, tanya jawab, dan praktek singkat.

Materi disampaikan oleh perwakilan panitia dan narasumber yang ahli di bidangnya. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan mengenai limfedema, salah satu komplikasi yang dapat muncul pada penderita kanker payudara.

Menurut data yang dihimpun, terdapat 821 orang penderita kanker di Kota Bogor, dengan 367 di antaranya menderita kanker payudara.

Limfedema, gangguan peredaran saluran getah bening yang menyebabkan pembengkakan pada lengan atau tungkai, menjadi salah satu komplikasi yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan keterbatasan aktivitas.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan limfedema, kegiatan tersebut memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang dapat diambil, seperti latihan khusus yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli terapi fisik.

Selain itu, pemakaian lengan kompresi atau perban elastis, menjaga berat badan, dan menjaga lengan tetap terangkat juga menjadi bagian dari strategi penanganan.

Teknik ini membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan kualitas hidup penderita limfedema.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada penderita kanker payudara dan komunitasnya mengenai limfedema serta cara pencegahan dan penanganannya.

Kerjasama antara Perhimpunan MLDV, Ikatan Fisioterapi Indonesia Cabang Bogor, dan Kota Bogor diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan penderita kanker di wilayah Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here