Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorPj Gubernur Jabar dan Bupati Bogor Tangani Langsung Sampah Ciawi

Pj Gubernur Jabar dan Bupati Bogor Tangani Langsung Sampah Ciawi

Bogordaily.net – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin, dan turun langsung menangani persoalan sampah di Simpang , Kecamatan , Kabupaten Bogor. Mereka mengecek langsung ke lokasi pada Selasa 7 November 2023.

Bey dan Iwan sekaligus memantau aksi pembersihan tumpukan sampah yang menyumbat saluran air di seberang Pasar tersebut. Aksi pembersihan dilakukan oleh aparat gabungan Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Koramil 0621-11/, Polsek , Damkar, DLH Kabupaten Bogor, UPT Kebersihan Ciawi, serta UPT Tata Bangunan Ciawi.

Hadir pula dalam aksi bersih-bersih ini Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, manajemen PT Jasa Marga (Jagorawi), Kepala DLH Kabupaten Bogor Bambang Setia Aji, Camat Ciawi Sutisna, Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat, Danramil Ciawi Mayor Arm. M. Soetrisno, beserta sejumlah Kepala UPT.

Mengingat tumpukan sampah tidak terkendali dan sulit dibersihkan secara manual, Pemkab Bogor menurunkan alat berat untuk mengeruk tumpukan sampah. Sampah-sampah tersebut selanjutnya diangkut untuk dibuang ke TPA Galuga.

Bey Machmudin mengatakan tumpukan sampah di Ciawi ini berada di atas lahan milik Kementerian PUPR yang dikelola Jasa Marga.

“Saya tahunya tadi pagi dari media. Setelah koordinasi dengan Bupati dan Dandim, saya turun ke sini. Selanjutnya akan ditangani oleh Pemkab Bogor dan Jasa Marga, diperbaiki terlebih dahulu saluran airnya sebelum dilakukan penataan kemudian,” ujarnya.

Aksi pembersihan secara cepat ini, kata Bey, agar tidak bertambah parah dan masyarakat membutuhkan kebersihan dan kenyamanan.

“Tadi saya minta langkah secepatnya, kita pemerintah jangan sampai, ini tanggung jawab ini tanggung jawab itu. Ini hanya satu jam (pembersihan), sangat cepat,” tukasnya.

sampah ciawi Bogor

Bangunan Liar PKL Dibongkar

Menumpuknya ribuan kubik sampah yang menyumbat saluran gorong-gorong tepat di belakang Pos Polisi Ciawi ini tidak terlepas dari perilaku masyarakat dan pedagang yang membuang sampah sembarangan ke saluran air.

Sementara di sekeliling gorong-gorong terlihat sudah dipenuhi oleh bangunan liar pedagang kaki lima (PKL). Bahkan sebagian di antaranya berada di atas kubangan saluran air tersebut.

sampah ciawi

Menyikapi hal ini, menegaskan akan segera membongkar bangunan PKL di sekeliling saluran air tersebut.

“Besok juga akan kami bongkar,” tegasnya.

“Alhamdulillah viralnya bawa berkah buat Saya sih. Saya tadi pagi dikontak Pak Pj, intinya supaya jangan viral berkelanjutan. Jadi saya ada kekuatan untuk menertibkan Ciawi,” imbuhnya.

sampah ciawi

Usai menggelar rapat dadakan di Kantor Kecamatan Ciawi bersama pihak Jasa Marga, menegaskan pembongkaran bangunan liar PKL di sekeliling saluran air Ciawi akan segera dilakukan.

“Namun secara bertahap, setelah kami sampaikan dulu teguran secara tertulis. Bangunan PKL harus ditertibkan karena mereka kan berada di atas tanah milik PUPR,” kata .

Menurut informasi, di sekitar saluran air tersebut akan ditata oleh Jasa Marga menjadi taman dan dikelilingi pagar agar tidak dibangun kembali oleh pedagang.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here