Wednesday, 24 July 2024
HomeKabupaten BogorRatusan Domba-Kambing Ikuti Festival di Stadion Pakansari Bogor

Ratusan Domba-Kambing Ikuti Festival di Stadion Pakansari Bogor

Bogordaily.netFestival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023 digelar di Lapangan Panahan , Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (12/11).

Ratusan domba dan kambing dari berbagai daerah ikut serta dalam festival ini.

Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023 diselenggaran atas inisiasi Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI), bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Ketua HPDKI Yudi Guntara festival ini, juga untuk memperingat Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Sehingga tema yabg diambil dalam festival tersebut yakni ‘Petani Pahlawan Bangsa'.

“Ini juga untuk meningkatkan motivasi para peternak domba dan kambing di Jawa Barat, khususnya karena domba dari Jawa Barat merupakam salah satu varietas unggulan, seperti domba Garut. Ini budaya di Jawa Barat yang perlu dijaga kelestariannya dan peternak juga pahlawan bangsa,” kata Yudi Guntara.

Dihadiri MenkopUKM

Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023 juga hadiri Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Menurut Teten, festival semacam ini dapat diselenggarakam secara rutin setiap tahunnya.

“Bahkan bisa dijadikan event bulanan. Karena tidak hanya dapat menggairahkan peternak kambing dam domba Garut, tapi sekaligus menghidupkan pariwisata daerah yang dapat mendatangkan banyak orang sehingga UMKM pun omzetnya dapat meningkat,” kata Teten.

Efek Budaya Berlapis

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, festival ini memiliki efek berlapis.

Mulai dari pelestarian budaya, hingga mengenalkan kembali keunggulan varietas domba Garut kepada khalayak.

“Domba lokal Indonesia tidak kalah dengan domba Australia atau yang lainnya. Ini bisa digabungkan dengan UMKM. Ke depannya, agar lebih menarik minat pengunjung bisa diselenggarakan lebih dari satu hari. Jadi UMKM kita bisa bergerak,” ungkap Burhanudin.

Memperebutkan Hadiah Rp30 Juta

Ketua Panitia Fikri Alamsyah menerangkan, dalam festival kali ini diikuti 278 ekor kambing dan domba dari berbagai daerah.

Terdapat dua kategori dalam festival ini yaitu juara tangkas dan juara favorit tempur dengan total hadiah mencapai Rp30 juta.

Sementara nomor yang dilombakan untuk Pestok Domba yaitu Raja Kasep pungklak 4 (lokal), Ratu Bibit maksimal pungklak 4 (open), Raja Pedaging maksimal pungklak 4 (open), Raja Petet belum pungklak (lokal), Raja Petet pungklak 2 (lokal) dan kelas bebas/bobot ekstrim (lokal).

Sedangkan untuk Pestok Kambing terdiri dari Bibit Kambing PE, Bibit Kambing Perah unggul (Cross Saanen) dan kelas kambing ekstrem.

“Kami juga menyediakan 2023 tusuk sate gratis, biar lebih meriah,” kata Fikri Alamsyah menjelaskan dan Kambing yang dilaksanakan di Lapangan Panahan , Bogor tersebut.***

(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here