Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorRekayasa Lalu Lintas di Batutulis, Dishub Kota Bogor: Kendaraan Dialihkan Satu Arah

Rekayasa Lalu Lintas di Batutulis, Dishub Kota Bogor: Kendaraan Dialihkan Satu Arah

Bogordaily.net – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor bersama Satlantas Polresta Bogor Kota melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) imbas tebing longsor di Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Diberlakukan satu arah untuk kendaraan dari arah Cipaku menuju Stasiun Batutulis.

Kabid Lalin pada , Dimas Tiko PS menuturkan, pihaknya bersama Satlantas Polresta Bogor Kota memberlakukan rekayasa lalu lintas di Batutulis yakni, satu arah untuk kendaraan dari arah Cipaku menuju .

Hal ini dilakukan lantaran untuk infrastruktur jalan cukup parah, sebagian jalan sudah longsor.

“Oleh karena itu, untuk rekayasa lalu lintas kami dan Satlantas Polresta Bogor Kota berlakukan rekayasa terbatas. Satu arahan untuk roda empat dari Cipaku menuju Batutulis,” ungkap Dimas, Senin 20 November 2023.

Dimas memaparkan, untuk arus lalin dari Cipaku arah Batutulis masih bisa mengalir, namun untuk lalin dari Sukasari melalui Jalan Lawanggintung mengarah ke Cipaku dan sekitarnya, kami alihkan menuju Bogor Nirwana Residen (BNR).

“Ya, rekayasa lalu lintas diberlakukan karena sebagian badan jalan tergerus longsor. Jadi dikhawatirkan terjadi longsor susulan jika diberlakukan dua arah. Selain itu, rekayasa lalin juga akan terus dilakukan penyesuaian sambil melihat kondisi di lapangan,” terang Dimas.

Dima memaparkan, karena untuk lintasan tidak memungkinkan dilintasi dua lajur. Untuk kondisi jalan Batutulis masih ada retakan, hal ini menjadi dasar mengapa masih dibuat satu lajur.

“Tentunya karena khawatir ini ada beban dari kendaraan, menimbulkan ada pergeseran kembali atau longsor susulan. Imbas longsor di Jalan Raya Batutulis atau sekitar 200 meter dari ini juga berdampak adanya antrian kendaraan hingga jalan Lawanggintung,” paparnya.

Dimas menjelaskan, untuk mengantisipasi adanya kemacetan, menerjunkan satu regu untuk mengatur arus lalin di sekitar Batutulis.

“Satu regu ini bergantian, personil dari 5 sampai 10 orang. Masyarakat juga diharapkan mentaati rekayasa arus lalin yang kami berlakukan. Untuk kendaraan roda dua masih diperbolehkan menuju Cipaku dari Batutulis,” jelasnya.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here