Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorBima Arya Resmikan Museum Pajajaran, Jadi Ikon Baru Kota Bogor

Bima Arya Resmikan Museum Pajajaran, Jadi Ikon Baru Kota Bogor

Bogordaily.net meresmikan , di Jalan Batu Tulis, Kota Bogor, pada Jum'at 21 Desember 2023.

Museum yang dibangun selama 150 hari dan selesai tepat waktu ini, diresmikan langsung Bima Arya didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Iceu Pujianti.

Bima Arya mengatakan, ini dibangun untuk memuliakan sejarah dan untuk menempatkan nilai masa lalu sebagai bekal menghadapi masa depan.

Baca juga : MenKopUKM: SMESCO Indonesia Jadi Markas Besar Produk Lokal

Museum ini akan menjadi tempat bagi semua warga dan anak-anak muda Bogor untuk belajar dari kebesaran masa lalu dalam melangkah ke masa depan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah semaksimal mungkin mendengarkan aspirasi dari semua warga, sejarawan dan budayawan dengan memastikan semua aspirasi itu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Bima saat sambutan.

Ia menuturkan, Pemkot Kota Bogor tidak akan berhenti sampai di sini saja. Pihaknya akan menganggarkan semua yang dibutuhkan agar ini semakin menginspirasi.

Pembangunan akan dilanjutkan, tamannya akan lebih indah, furniture-nya akan lebih nyaman dan museum ini akan bermanfaat bukan untuk satu atau dua kelompok saja tapi bermanfaat untuk semua.

“Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampeureun Jaga, yang kita nikmati hari ini adalah warisan dari ikhtiar masa lalu dan yang kita lakukan hari ini untuk kejayaan dan kebanggaan di masa depan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disparbud Kota Bogor Iceu Pujiati menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan di tahun anggaran 2023 dengan nama kegiatan pembangunan yang dananya bersumber dari APBD Kota Bogor.

Pembangunan dikerjakan selama 150 hari dan selesai tepat waktu di 21 Desember 2023 kemarin.

“Operasional ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 Tentang Museum,” katanya.

Baca juga : Doa untuk Ibu Lengkap dengan Artinya, Bisa Dibaca saat Hari Ibu

Ia melanjutkan, ke depan ini akan dilengkapi sesuai dengan syarat-syarat pembangunan museum.

Mulai dari visi misi, nama museum, lokasi bangunan, anggaran, koleksi, pengelolaan SDM dan pendanaan yang tetap.

“Tujuan dari pembangunan ini sebagai sarana pelestarian budaya, edukasi serta menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah. Semoga pembangunan museum ini dapat bermanfaat bagi semua dan dapat menjadi ikon baru bagi Kota Bogor,” pungkas dia.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here