Sunday, 14 July 2024
HomeKabupaten BogorDanone dan Karyawan AQUA Bantu Palestina Rp3,13 Miliar

Danone dan Karyawan AQUA Bantu Palestina Rp3,13 Miliar

Bogordaily.net Danone Indonesia sebagai produsen merk membantu rakyat Palestina di Gaza total senilai Rp3,13 miliar. Bantuan sudah termasuk karyawan dari seluruh Indonesia.

Danone Indonesia merilis, Rabu 20 Desember 2023, dari total Rp3,13 miliar donasi tersebut disalurkan. Melalui Lembaga Zakat Infaq dan Sadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU) sebesar Rp1 miliar.

Lalu Lembaga Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LazisMU) sebesar Rp1 miliar. Kemudian Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebesar Rp500 juta dan Rp630 juta yang berasal dari seluruh karyawan yang tergabung dalam Karyawan Muslim (KARISMA) serta diserahkan langsung ke Kedutaan Besar Palestina.

Selain bentuk uang, disalurkan pula produk-produk yang dikirim langsung ke Palestina melalui fasilitasi TNI AL dan TNI AU.

Corporate Communications Danone Indonesia, Michael Liemena, menegaskan atau Danone tak punya afiliasi apapun dengan Israel maupun politik.

“Kami sangat menyayangkan dengan sebagian masyarakat yang mudah terpancing. Info-info yang tersebar di media sosial adalah hoaks. Sama sekali tidak benar. tak ada sedikit pun kaitan bisnis atau pabrik di Israel,” tegasnya kepada awak media, di Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu 20 Desember 2023.

Michael menyatakan sejak 50 tahun berdiri semua produk punya sertifikat halal. “MUI sendiri sudah mengeluarkan pernyataan bahwa tidak pernah mengeluarkan daftar produk yang harus diboikot,” imbuhnya.

Selain itu, kata Michael, dari 13 ribu karyawan se-Indonesia sebanyak 90 persennya adalah muslim.

General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, mengatakan pemberian donasi ini memang dilakukan sebagai bentuk empati dengan membawa misi kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina.

“Danone berkomitmen untuk menjadikan bisnis sebagai kekuatan untuk mengalirkan kebaikan kepada masyarakat. Kami berkomitmen tidak hanya menghadirkan kesehatan bagi Indonesia melalui produk yang berkualitas, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan juga masyarakat. Dengan ini kami harap bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” tambah Vera.

Ketua KARISMA, Harsa Fardiyan berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di Palestina yang menjadi korban konflik Israel-Palestina.

“Kami juga berharap, pada akhirnya rakyat Palestina bisa mendapatkan kehidupan layak seperti yang kita rasakan,” ujarnya.

Penjualan stabil

Pihak Danone sendiri menegaskan bahwa aksi boikot tak berdampak terhadap tingkat penjualan produk .

“AQUA masih tetap jadi pilihan utama masyarakat meski dijelekkan di sana-sini. Terutama kami diuntungkan dengan kondisi cuaca kemarau. Memang ada pengurangan penjualan di satu tempat tapi di tempat lain penjualannya bagus. Bisa dibayangkan kalau boikot terjadi, karena banyak pihak yang menerima manfaat, selain karyawan dan keluarganya juga pedagang, warung, distributor, dan agen,” imbuh Michael Liemena.

Di sisi lain, Ahmed Metani, Deputy Ambassador Palestina, selaku penerima donasi Danone Indonesia, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia.

“Indonesia sangat banyak memberikan dukungan kepada warga Palestina. Situasi di Palestina seperti yang mungkin Anda lihat dari televisi atau sosial media sangatlah mencekam. Semua infrastruktur yang ada di Gaza hancur, begitu pula rumah sakit, universitas dan juga akses terhadap listrik,” ujarnya.

Sebagai tanda terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Danone Indonesia, Ahmed Metani mengaku senang bukan hanya saat menerima bantuan dan kunjungan. Melainkan bentuk dukungan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

“Saya sangat senang menerima pihak Danone Indonesia, bukan hanya karena bantuan yang diberikan tetapi juga dukungan dari perusahaan kepada masyarakat di Gaza, Palestina. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ujarnya seperti dirilis pihak KARISMA. (Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here