Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorMuspika Megamendung-Cisarua dan Masyarakat Komitmen Rawat Alam Puncak

Muspika Megamendung-Cisarua dan Masyarakat Komitmen Rawat Alam Puncak

Bogordaily.net Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Megamendung dan Cisarua bersama masyarakat berkomitmen untuk terus merawat alam kawasan , Kabupaten Bogor.

Salah satu bentuk komitmen yang ditunjukan adalah melakukan penanaman ribuan pohon berbagai jenis yang dilaksanakan di kawasan Arca Domas, Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung, Selasa 12 Desember 2023.

Penanaman pohon ini dilakukan oleh Camat Megamendung Ridwan, Camat Cisarua Heri Risnandar, Danramil Cisarua-Megamendung Mayor Inf. Tb. Eka Purnama, Kapolsek Megamendung AKP Deddy Hermawan. Lalu Kapolsek Cisarua AKP Edi Santosa, Kepala Desa se-Kecamatan Megamendung, Satuan Polisi Pamong Praja dua kecamatan, Satuan Perlindungan Masyarakat, serta kelompok tani.

Aksi penanaman pohon untuk melestarikan alam dan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Juga sekaligus sebagai ajang silaturahim Muspika dengan masyarakat. Sebab, kedua camat baru menjabat demikian pula dengan kapolsek.

Sedangkan pohon yang ditanam berjumlah ribuan dari berbagai jenis pohon keras dan buah-buahan.

“Hari ini antara Muspika dengan masyarakat bersinergi dan berkomitmen untuk rawat alam. Untuk selanjutnya kami berharap agar masyarakat jangan sekedar menanam tapi harus terus merawat dan memeliharanya. Terutama amanat kepada para Linmas dan kelompok tani. Jangan sampai ditebang. Aksi seperti ini harus terus simultan,” katanya diamini Camat Cisarua Heri Risnandar.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penanaman pohon ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir. Serta meningkatkan resapan air dan bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

“Pohon itu mahkota Bumi. Bumi harus terus hijau. Tapi saya minta juga akses jalan ke Arca ini harus bersih. Saya siap hadir setiap Kamis ke desa ini,” ujar Danramil.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil dan Kapolsek Cisarua-Megamendung juga menyelipkan himbauan agar masyarakat meningkatkan kesadaran hukum dan ketertiban keamanan wilayah.

“Jangan terlalu cuek jika melihat hal yang tidak benar dan mencurigakan,” imbuh Kapolsek Cisarua.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here