Monday, 29 April 2024
HomeBeritaPola Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Nataru

Pola Rekayasa Lalu Lintas Jelang Libur Nataru

Bogordaily.net – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan selama libur dan (Nataru).

Dalam keterangannya, Kapolri Sigit menyatakan bahwa konsep telah disusun, mengacu pada pengalaman sebelumnya terutama terkait dengan arus mudik dan balik saat Idul Fitri.

“Berkaitan rekayasa, kita sudah memiliki konsep. Kita pernah punya pengalaman khususnya terkait jalur mudik maupun jalur balik dalam mengelola pada saat mudik Idul Fitri,” ungkap Kapolri Sigit, Kamis, 7 November 2023.

Baca juga : Zodiak Gemini: Cinta, Keuangan, dan Kesehatan Hari Ini 8 Desember 2023

Pengalaman dalam mengelola arus mudik lebaran akan diaplikasikan dalam pengaturan dan rekayasa jalur transportasi selama .

“Sehingga tentunya pengalaman ini akan kita terapkan di , khususnya dalam hal pengelolaan dan rekayasa jalur transportasi,” sambungnya.

Pihak kepolisian akan menggunakan berbagai taktik seperti contraflow, alih arus, dan one way untuk mengatasi kepadatan dan kemacetan di titik-titik tertentu.

“Kita memiliki hitungan semacam counting pada saat jumlah kendaraan di jalur tol melebihi kapasitas tertentu, maka kita akan berlakukan rekayasa. Ini terus kita evaluasi sehingga pada saat kita lakukan rekayasa, jangan sampai ada pengguna jalan juga terganggu,” tuturnya.

Dalam konteks pengamanan, Kapolri Sigit menekankan bahwa Polri juga harus menghadapi kegiatan pelaksanaan tahapan Pemilu yang bersamaan dengan .

Oleh karena itu, pihak kepolisian akan melakukan pengamanan untuk memastikan tahapan pemilu berjalan lancar. Setiap kepala wilayah diminta untuk melakukan pemetaan di wilayahnya guna mendukung kelancaran tahapan pemilu.

Baca juga : Kota Bogor Diguncang Gempa M 4,0

“Pelaksanaan tahapan pemilu sehingga masing-masing kepala wilayah kita minta untuk melakukan mapping di wilayahnya sehingga tahapan pemilu tetap bisa berjalan baik,” tukasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Polri menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi tantangan kompleks yang melibatkan aspek lalu lintas dan keamanan selama masa .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here