Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSenyum Syarifah Fadlun Istri Habib Rizieq Shihab Terpancar Saat Wafat

Senyum Syarifah Fadlun Istri Habib Rizieq Shihab Terpancar Saat Wafat

Bogordaily.net – Syarifah Fadlun bin Yahya, istri meninggal dunia pada Sabtu 16 Desember 2023 sore. Rona wajahnya memancarkan senyuman.

Syarifah Fadlun meninggal dunia di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat sekitar pukul 15.00 WIB karena sakit.

“Iya, meninggal tadi sekitar jam 3-an. Pas saya pasang itu (status) semenit 2 menit lah,” ujar Aziz Yanuar selaku pengacara Habib Rizieq lewat pesan WA, Sabtu.

Ia menerangkan Syarifah Fadlun memang sudah sakit sejak lama.

Sakitnya istri Rizieq itu bahkan sudah pernah disampaikan saat Munajat Kubro 212.

Saat itu Rizieq mengaku tidak bisa hadir ke acara yang berlangsung di Monas karena harus mendampingi istrinya yang sakit.

Sementara Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif mengatakan dari rumah sakit jenzah akan dibawa ke rumah duka di Petamburan, Jakarta.

Syarifah Fadlun dikebumikan pada Minggu 17 Desember 2023 pukul 10.00 WIB di Mega Mendung Bogor.

Sebelum dimakamkan, dilakukan salat jenazah lebih dulu pada Minggu pagi pukul 7.00 WIB.

Profil Syarifah Fadlun bin Yahya Istri

Syarifah Fadlun bin Yahya, atau yang akrab disapa Umi Syarifah, adalah istri dari tokoh agama terkemuka Muhammad Rizieq Shihab, yang lebih dikenal sebagai Habib Rizieq.

Mereka menikah pada tanggal 11 September 1987, dan dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai tujuh orang anak.

Syarifah Fadlun dan Habib Rizieq memiliki keturunan yang terdiri dari enam perempuan dan satu laki-laki

Nama anak-anak mereka adalah Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Syarifah Najwa Shihab, Zahra Shihab, Mumtaz Shihab, dan Fairuz Shihab.

Umi Syarifah memiliki peran penting dalam perjuangan Habib Rizieq termasuk saat pembebasan.

bebas dari Rutan Bareskrim Polri pada 20 Juli 2022, setelah menjalani masa pemidanaan sejak Desember 2020.

Ia bebas bersyarat dan penjamin utamanya adalah Syarifah Fadlun.

Umi Syarifah dikenal sebagai sosok yang mendukung penuh perjuangan suaminya dalam berbagai aspek, termasuk saat Habib Rizieq mengalami masa-masa sulit.

Dalam kehidupan sehari-hari, beliau dikenal sebagai ibu rumah tangga yang taat dan penyayang, berdedikasi penuh kepada keluarga dan komunitasnya.

Kepergian Syarifah Fadlun bin Yahya meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, kerabat, dan para pengikut Habib Rizieq.

Kepergian Syarifah Fadlun bin Yahya adalah kehilangan besar, tidak hanya bagi keluarga Habib Rizieq tetapi juga bagi komunitas yang terkait. Beliau akan dikenang sebagai sosok yang penuh dedikasi, cinta, dan dukungan.

Kesaksian Ummi Pipik

Salah satu sosok yang merasakan duka mendalam atas meninggalnya Syarifah Fadhlun adalah Ummi Pipik. Melalui Instagram, istri almarhum Ustaz Jefri Al Buckhori (Uje) ini menyampaikan belasungkawa.

“Innalillahi wa Inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas meninggalnya Umi Syarifah Fadhlun binti Fadhil bin Yahya, istri dari Habib Rizieq Syihab,” tulis Ummi Pipik pada Sabtu 16 Desember 2023.

“Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah dan diberikan tempat di jannah. Allahumagfirlaha warhamha, wa'afihi wa'fu'anha,” imbuh ibu dari Abidzar Al-Ghifari ini.

Tangis Ummi Pipik kemudian pecah saat mengunggah foto kenangannya bersama almarhumah. Kala itu mereka terlihat kompak mengenakan busana serba hitam.

Tak hanya Ummi Pipik, Zee Zee Shahab juga tak kuasa menahan tangis. Termasuk beberapa artis yang menyampaikan ucapan duka.

Antara lain, Mulan Jameela dan Dewi Yull yang ikut mengucapkan bela sungkawa.

Umi Pipik yang turut melayat ke rumah duka pada Sabtu malam pun merasa terharu, mengingat diberi kesempatan melihat wajah almarhumah, yang menurut kesaksiannya dalam keadaan bersih dan tersenyum.

“Beliau itu meninggalnya juga enak ya, tadi putrinya, anaknya juga cerita, MasyaAllah gitu, habis sakit, habis ngaji. Tadi juga ngeliat beliau pas saya buka, itu MasyaAllah iri banget gitu. Sudah seperti lagi ngeliat sesuatu, dan tersenyum,” ungkap Umi Pipik.

Umi Pipik pun mengaku sukar untuk mendiskripsikan rona bahagia yang terpancar dari wajah sang almarhumah.

“Senyumnya tuh bukan senyum (biasa) tapi ketawa gitu kelihatan giginya itu MasyaAllah, itu indah banget,” lanjutnya.

Semasa hidupnya, Umi Pipik mengenal almarhum sebagai sosok istri yang taat pada suaminya. Terutama dalam hal berdakwah.

Pipik juga mengaku acap kali bersua dan bercengkrama dengan almarhumah ketika masih bermukim di Tanah Suci, Makkah.

Habib Rizieq Sampaikan Permohonan Maaf

Sementara itu, menyampaikan permintaan maaf atas segala kesalahan mendiang istri, Syarifah Fadlum bin Yahya yang wafat pada Sabtu 16 Desember 2023.

Ia berharap semua pihak bisa memaafkan semua kesalahan almarhumah selama di dunia.

Permintaan maaf ini disampaikan Rizieq di rumah duka, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu 17 Desember 2023 sebelum mengantar jenazah ke pemakaman di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

“Sekali lagi saya sampaikan mohon maaf, atas nama semua keluarga saya. Jazakumullah,” ujar Rizieq.

“Saya minta kepada seluruh yang ada di sini, khususnya, kerabat, keluarga, Handa raulan kerabat, kalau almarhumah semasa hidupnya ada melakukan kesalahan baik yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui, baik kesalahan yang dia sudah minta maaf, sengaja ataupun tidak sengaja, menyakiti kita ataupuntidak menyakiti kita, tolong dibukakan pintu maafnya sebesar-besarnya, buka kan pintu maaf,” lanjutnya menambahkan.

Tak hanya itu, menjelang wafat sang istri juga sudah menyampaikan kepadanya bahwa Syarifah sudah memaafkan semua orang yang berbuat salah kepadanya.

“Menjelang wafatnya dia sampaikan kepada saya ‘Habib, saya nggak ada benci orang, saya enggak ada benci orang, semua orang yang punya salah saya maafkan, semua',” pungkasnya.

Rencananya, tahlilan usai berpulangnya Syarifah Fadlun bin Yahya akan berlangsung hingga tiga hari atau sampai Rabu 19 Desember 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here