Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorSTAI Al - Hidayah Bogor Teken MoU dengan Program Pascasarjana UIN Walisongo

STAI Al – Hidayah Bogor Teken MoU dengan Program Pascasarjana UIN Walisongo

Bogordaily.net – STAI Al-Hidayah Bogor dan lima Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) menandatangani MoU dengan Program Pascasarjana Semarang.

Sebanyak enam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) mengadakan pertemuan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta tentang ‘Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Indonesia Emas Tahun 2045' di Pamekasan Madura Jawa Timur pada Kamis 7 Desember 2023.

Adapun enam PTKIS yang terlibat dalam pertemuan yang berlangsung di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar tersebut antara lain, STAI Al-Hidayah Bogor Jawa Barat, STAI Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Jawa Timur, STIS Nurul Qarnain Jember Jawa Timur, STAI al Mujtama Pamekasan Jawa Timur, STEI Masyarakat Madani Pamekasan Jawa Timur, dan STIS Assalafiyah Sumber Duko Pamekasan Jawa Timur.

Dari Semarang Jawa Tengah, hadir Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag., Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. Abdul Ghofur, M.Ag., Ketua Program Studi Doktor/S3 Studi Islam Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M.Ag., Sekretaris Program Studi Doktor/S3 Studi Islam Dr. H. Muhammad Sulthon, M.Ag.,

Kemudian, Ketua Program Studi Magister/S2 Ilmu Agama Islam Dr. Nasihun Amin, M.Ag., Sekretaris Program Studi Magister/S2 Ilmu Agama Islam Dr. Rokhmadi, M.Ag., Kasubag TU Program Pascasarjana Abdul Aziz, S.Pd.I., M.Si., dan para staf ahli dari Program Pascasarjana Semarang Jawa Tengah.

Wakil Rektor III Semarang Jawa Tengah Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag. membahas tentang isu-isu strategis seputar pengembangan kualitas implementasi Tridharma Perguruan Tinggi di masing-masing kampus ke depannya.

Serta tantangan perguruan tinggi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Selain itu, Wakil Rektor III Semarang Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag. bersama Direktur IAFORIS Dr. Abdul Mukit, M.Pd.I. menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang disaksikan oleh enam Pimpinan PTKIS secara langsung.

Selanjutnya ditandatangani juga Memorandum of Agreement (MoA) antara Direktur Program Pascasarjana Semarang Jawa Tengah Prof. Dr. Abdul Ghofur, M.Ag bersama enam Ketua PTKIS yang tergabung dalam IAFORIS.

Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I selaku Ketua STAI Al-Hidayah Bogor Jawa Barat mengatakan bahwa, MoU dan MoA yang diinisiasi oleh Intellectual Association for Islamic Studies (IAFORIS) merupakan hal yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Selain itu PTKIS yang tergabung dalam IAFORIS bisa berkolaborasi dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas SDM pada PTKIS masing-masing,” kata Dr. Unang Wahidin.

“Harapan ke depannya MoU dan MoA tersebut harus ditindaklanjuti dengan berbagai program pengembangan, baik antar PTKIS yang tergabung dalam IAFORIS maupun bersama Semarang Jawa tengah,” tambahnya.

Sementara itu, pertemuan ini ditutup dengan Kuliah Umum dengan Tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Indonesia Emas Tahun 2045” oleh Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. Abdul Ghofur, M.Ag., serta diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh masing-masing perwakilan lembaga.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here