Monday, 29 April 2024
HomeKota Bogor2024 BPJS Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Layanan dan Keaktifan Kepesertaan JKN

2024 BPJS Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Layanan dan Keaktifan Kepesertaan JKN

Bogordaily.net – Sudah 1 dekade BPJS Kesehatan mengelola Program sejak Januari 2014, cakupan kepesertaan di Kota Bogor sudah mencapai 99,9 persen yang berarti dari jumlah 1.122.722 jiwa penduduk Kota Bogor hanya tinggal 928 jiwa yang belum menjadi peserta .

Capaian kepesertaan tersebut bukan berarti BPJS Kesehatan sudah tidak memiliki tantangan lagi, tetapi muncul tantangan baru yaitu rendahnya keaktifan dari kepesertaan .

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Jenal M Sambas, SKM, MKM, AAK menyampaikan, tantangan tersebut telah melaksanakan beberapa startegi yang sudah dijalankan diantaranya adalah Pemeriksaan Kepatuhan kepada badan usaha untuk segmen pekerja penerima upah.

Hal tersebut dilakukan oleh petugas pemeriksa BPJS Kesehatan, sedangkan untuk segmen pekerja bukan penerima upah BPJS Kesehatan Cabang Bogor telah berupaya untuk meningkatkan kesadaran pembayaran iuran, melalui telekolekting baik melalui telepon langsung dan melalui WhatsApp.

“Saat ini, fokus utama BPJS Kesehatan pada tahun 2024 salah satunya adalah cakupan peserta dan peningkatan keaktifan peserta. Dari fokus tersebut dapat digambarkan bahwa secara umum bahwa kepatuhan peserta terhadap pembayaran iuran masih rendah, tercermin dari keaktifan peserta di Kota Bogor hanya sebesar 76 persen dari 99,9 persen penduduk yang sudah terdaftar sebagai peserta ,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Jenal M Sambas, Rabu 17 Januari 2024.

Jenal berharap, penduduk Kota Bogor dapat meningkatkan kepatuhan dalam pembayaran iuran .

Karena dengan memastikan kepesertaan JKN aktif akan mempermudah penggunaan manfaat dari Program JKN pada fasilitas kesehatan.

Jenal juga menambahkan bahwa, BPJS Kesehatan juga berfokus terhadap transformasi mutu layanan untuk meningkatkan kepuasan peserta JKN melalui kemudahan akses, kecepatan dan kesetaraan layanan dari fasilitas kesehatan.

Salah satunya adalah berkoordinasi kepada dinas kesehatan dan juga fasilitas kesehatan yang bekerjasama, untuk dapat menambahkan layanan spesialistik bedah mulut.

“Kami merespon dan menindaklanjuti setiap keluhan peserta JKN yang masuk ke BPJS Kesehatan Cabang Bogor, seperti salah satunya adalah masalah antrean yang panjang untuk tindakan pada layanan spesialistik bedah mulut, kami sudah melaksanakan koordinasi kepada Dinas Kesehatan Kota Bogor dan juga fasilitas kesehatan yang sudah melayani peserta JKN, agar menambah tenaga kesehatan terkait bedah mulut, yang saat ini hanya tersedia lima dokter bedah mulut di Kota Bogor,” tandasnya.***

(Ibnu Galansa) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here