Monday, 29 April 2024
HomeKota Bogor5 Mahasiswa KPI UIKA Luncurkan Buku Dinamika Program Siaran Televisi di Indonesia

5 Mahasiswa KPI UIKA Luncurkan Buku Dinamika Program Siaran Televisi di Indonesia

Bogordaily.net – Sebanyak 5 Mahasiswa menerbitkan buku mengenai Dinamika Program Siaran Televisi di Indonesia sebagai bentuk hadiah yang diberikan kepada Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.

Hal tersebut dilakukan atas berakhirnya pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sekaligus sebagai penutupan PPL terstruktur selama 3 Bulan lamanya di Gedung Komisi Penyiaran Indonesia Jum'at, 05 Januari 2024.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Program Studi Asep Gunawan dan DPL Dewi Anggrayni, diterima dan disambut langsung oleh Komisioner Bid. Kelembagaan KPI Amin Shabana & Evri Rizqi Monarsih serta turut dihadiri Umri selaku Sekretariat KPI Pusat dan beberapa staf Humas lainnya.

Di hadapan Para Komisioner dan Staf, Kepala Program Studi KPI Dr, Asep Gunawan menyampaikan, keberhasilan utama pelaksanaan PPL di KPI Pusat dan kegiatan PPL ini merupakan kegiatan mengasah potensi mahasiswa dalam berkiprah di dunia kerja khususnya dalam Industri Penyiaran.

“Sehingga dari sini mahasiswa dapat mengkomparasikan teori yang di dapat di perkuliahan dengan dunia kerja yang sesungguhnya,” kata Dr Asep Gunawan.

Baca juga : Konsultasi Online Kini Tersedia di ClayDerm Aesthetic Clinic Bogor

Apresiasi Dosen

Selanjutnya, Dewi Anggrayni selaku Dosen Pembimbing Akademik turut merasa bangga atas keberhasilan para mahasiswanya dalam menghasilkan buku yang dapat memberikan kebermanfaatan.

“Meski masih terdapat kekurangan dalam penulisan, harapannya buku ini dapat menjadi pendorong dan motivasi bagi para mahasiswa untuk dapat memperdalam analisis dan menghasilkan lebih banyak lagi riset dan penelitan untuk memperkaya sumber literatur mengenai siaran,” jelas Dewi Anggrayni.

Kemudian, Amin Shabana selaku Komisioner Bidang Kelembagaan juga merasa senang dapat terus melakukan kerja sama dengan .

Menurutnya, Komisi Penyiaran Indonesia,  sebagai lembaga penyiaran tentunya tidak dapat berdiri sendiri, perlu adanya kerjasama yang dibangun dengan lembaga akademis untuk menciptakan kajian kajian penelitian serta sumber literatur mengenai penyiaran.

Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam , yang telah mendelegasikan mahasiswa dan mahasiswinya untuk melaksanakan kegiatan PPL di Lembaga KPI.

“Dengan tangan terbuka kami menyambut apabila mahasiswa dan mahasiswi hendak  melalukan riset mengenai Penyiaran agar sama sama kita mewujudkan kembali industri penyiaran yang sehat,” ujar Amin Shabana.

Pesan untuk Mahasiswa

Selaras dengan yang disampaikan Amin Shabana, Evri Rizqi Monarsih sebagai Komisioner Bid. Kelembagaan juga turut berpesan dengan berakhirnya masa PPL ini.

Baca juga : Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023: Komitmen BRI Berdayakan Desa untuk Lebih Kuat dan Hebat

Ia berharap, 5 mahasiswa KPI dapat menjadi agen agen penyiaran yang memiliki fungsi untuk mengajak kembali teman temannya menonton tv, karena hanya dari media main stream lah publik dapat mengkonfirmasi kebeneran suatu informasi.

Sementara itu, Umri selaku Sekretariat Komisi Penyiaran Indonesia Pusat juga turut menyampaikan apresiasi atas karya yang dihasilkan.

Tak hanya itu, Ia mengucapkan terima Kasih banyak kepada para mahasiswa dan mengapresiasi atas buku yang telah para Mahasiswa susun.

“Ini merupakan pertama kalinya mahasiswa dan mahasiswi magang dapat menghasilkan sebuah karya buku dengan waktu yang singkat,” ungkap Umri.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here