Friday, 23 February 2024
HomeKulinerBakso Seuseupan di Bogor yang Legendaris dan Asal Usulnya

Bakso Seuseupan di Bogor yang Legendaris dan Asal Usulnya

Bogordaily.net di , Kabupaten Bogor dikenal sebagai salah satu kuliner legendaris. Berikut ulasan tentang Bakso Seuseupan hingga di balik nama Seuseupan.

Johnny Pinot dalam unggahannya di Instagram mengulas tentang Seuseupan di Kabupaten Bogor.

“Di daerah Bogor, ada Bakso Seuseupan yang sudah legend dan terkenal,” tulis Johnny Pinot dalam unggahannya di Instagram @pinotjohnny dan @bogordailynews, Rabu, 31 Januari 2024.

Bakso atau Ba'so Seuseupan merupakan salah satu kuliner legendaris di Bogor. Bakso ini memiliki beberapa cabang dan berdiri sejak tahun 1984. Atau sudah sekitar 40 tahun.

Warung bakso pertama kali buka di Jalan Raya Tapos, Kecamatan , Kabupaten Bogor. Selain itu terdapat beberapa cabang yakni di Jalan Raya Taman Cimanggu, Kedung Waringin, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor.

Lalu di Jalan Bangbarung Raya Nomor 3, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor dan di Jalan Raya Gunungbatu Nomor 37,  Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Nama Seuseupan di Bogor

Nama daerah Seuseupan kabarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Konon ada hubungan dengan runtuhnya kerajaan Pajajaran tahun 1570-an.

Saat melarikan diri dari kejaran pasukan Banten, Raja, keluarga, dan pengikut setianya bersembunyi di sebuah lembah di dekat Bogor.

Raja sedang menanak nasi saat pasukan Banten keburu datang. Berlarilah rombongan raja, nasinya dibawa, kukusan/aseupan tempat menanak nasi ditendang dan air kukusannya mengalir ke sebuah lubang.

“Dari lubang itu kemudian muncul mata air yang sekarang masih dipakai untuk air wudu di Mesjid Baiturrahmah, Seseupan, ,” jelasnya.

Sampai sekarang daerah sekitar mata air disebut Ciaseupan atau lebih dikenal sebagai Seuseupan.

Peristiwa tahun 1957 Masehi itu tertulis di dalam Pantun Bogor yang ditulis tahun 1908.

“Di buku Saleh Danasasmita, tahun 1709 saat Abraham Van Riebeeck melakukan perjalanan ke Bandung, Kampung Ciseupan sudah ada,” tulis Johnny Pinot lagi.

Sementara itu warganet yang menyaksikan video tersebut memberikab berbagai komentarnya.

“Baksonya legend.. Sblah kanannya klo dri Mesjid Raya,” tulis warganet.

“Wah baru tau ada legendanya,” komentar warganet.

“Seru ini ceritanya apalagi sambil ngebakso seuseupan,” timpal yang lainnya.

“Saya orang aja baru tau sejarahnya pak @pinotjohnny … Terimakasih banyak ilmunya,” tulis warganet.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here