Monday, 4 March 2024
HomePolitikBawaslu Kota Bogor Tertibkan APK yang Melanggar, Ini Jadwalnya

Bawaslu Kota Bogor Tertibkan APK yang Melanggar, Ini Jadwalnya

Bogordaily.net Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor akan menertibkan () yang melanggar di wilayah Kota Hujan, pada Selasa, 23 Januari 2024 esok hari.

Ketua , Herdiyatna mengatakan yang melanggar sesuai ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Tanggal 23 hari Selasa, bersama Satpol PP (penertiban yang melanggar),” kata Ketua , Herdiyatna.

Sebelum melakukan penertiban APK yang melanggar aturan, mengeluarkan surat himbauan kepada para peserta Pemilu 2024.

Khususnya bagi para partai politik untuk mencabut sendiri APK mereka masing-masing yang memang dikategorikan melanggar.

“Imbauan kita keluarkan dua hari sebelum penertiban. Dengan imbauan kita berharap peserta Pemilu inisiatif mencabut sendiri,” ungkap Herdiyatna.

Saat ini, kata Herdi, pihaknya menugaskan Pengawas tingkat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan inventarisir titik-titik APK yang melanggar sesuai aturan tersebut.

Sebelum melakukan penertiban, mendata APK mana saja yang melanggar ketentuan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (SKKPU).

Dalam SKKPU, telah ditetapkan sejumlah lokasi yang diperbolehkan memasang APK dan zonasi yang dilarang untuk dipasang APK.

Setelah menghimpun data, akan memberikan rekomendasi kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk melakukan penindakan.

“Rencananya, akan melakukan dua kali penertiban sebelum hari H Pemilu, yakni 14 Februari 2024,” tutup Herdiyatna.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here