Tuesday, 27 February 2024
HomeNasionalFormasi Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar, dan Jadwal

Formasi Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar, dan Jadwal

Bogordaily.net Formasi pendaftaran , cara daftar, dan jadwal pembukaan lowongan CPNS telah dibuka pemerintah.

Sebelumnya, pengumuman lowongan  seleksi CPNS atau calon aparatur sipil negara (CASN) tahun telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Terdapat 2,3 juta formasi CPNS untuk tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan tahun ini pemerintah juga memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate.

Mereka diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi. Baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis. Termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya.

Formasi CPNS

Anas menyebut, instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183. Terdiri atas 207.247 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Sedangkan formasi instansi daerah sebesar 1.867.333. Terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK.

Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga Kesehatan sebesar 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis.

Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, tahun ini pemerintah membuka 6.027 formasi.

Formasi Instansi daerah lebih besar daripada di instansi pusat karena komposisi ASN memang lebih banyak di daerah.

“Talenta-talenta inilah yang menjadi fondasi utama dan pilar terpenting dalam mewujudkan SDM unggul untuk menyambut Indonesia Emas 2045,” kata Anas dalam siaran pers Kemenpan RB.

Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate mencapai 690.822 formasi. Hal ini sebagai komitmen negara untuk memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa.

Mantan Bupati Banyuwangi ini juga menyampaikan, pemerintah memiliki komitmen dan kebijakan konkrit dalam menuntaskan tenaga non-ASN. Termasuk eks Tenaga Honorer Kategori II, sebagaimana diamanatkan UU No. 20 Tahun 2023 ttg ASN.

“Salah satunya dengan kebijakan konkrit penetapan formasi untuk PPPK yang mencapai 1,6 juta pada tahun ini. Tentunya ini memberi ruang bagi tenaga non-ASN untuk menjadi PPPK,” jelasnya.

Terkait talenta dosen, guru, dan tenaga kesehatan, pemerintah menekankan bahwa penataan yang dilakukan bukan hanya soal jumlah. Akan tetapi juga persebaran. Pemerintah akan berusaha mewujudkan pemerataan ke seluruh penjuru tanah air.

Jadwal dan Cara Daftar

Jadwal CPNS belum diumumkan kapan tepatnya. Menteri Anas juga memastikan tidak ada pendaftaran pada Januari . Kemungkinan baru dibuka Maret atau April .

Bagi yang akan mendaftar berikut cara daftar CPNS :

Buka situs resmi SSCASN dengan cara klik di sini.

Lalu buat akun dengan menggunakan NIK kamu.

Setelah itu Log in dengan menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah terdaftar.

  1. Silakan isi biodata lengkap.

2. Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan.

3. Lengkapi data pendidikan.

4. Kemudian unggah dokumen persyaratan.

5. Selanjutnya periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah.

6. Silakan cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran.

7. Setelah itu akan ada verifikasi dokumen kamu. Jika seleksi administrasi lulus, silakan cetak kartu ujian di akun SSCASN.

8. Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar.

Demikian formasi pendaftaran CPNS , cara daftar, dan jadwal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here