Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorHujan Deras dan Angin Kencang, BPBD Kabupaten Bogor Beri Himbauan

Hujan Deras dan Angin Kencang, BPBD Kabupaten Bogor Beri Himbauan

Bogordaily.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) minta masyarakat waspadai deras dan yang menerjang wilayah Kabupaten Bogor.

Kabid Kedaruratan dan Logistik , M Adam Hamdani mengatakan bahwa, sebanyak 77 kepala keluarga atau 227 jiwa terdampak dari yang melanda sejak Minggu 7 Januari 2024.

“Ada 1 kepala keluarga atau 5 jiwa di antaranya memilih mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman,” kata M Adam Hamdani, Senin 8 Januari 2024.

Menurutnya, kerugian materil antara lain satu unit rumah alami rusak berat, tiga unit rumah alami rusak sedang dan 73 unit rumah alami rusak ringan.

“Rata-rata kerusakan terjadi di bagian atap dan dinding. Hingga kini belum ada laporan adanya korban meninggal maupun luka-luka,” jelasnya.

Baca juga : Konsultasi Online Kini Tersedia di ClayDerm Aesthetic Clinic Bogor

Personel

Ia mengatakan, pada saat kejadian personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor langsung menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan aparat setempat serta melakukan penanganan bencana lebih lanjut.

Adam menambahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan yang dapat terjadi.

Terutama pada rentang waktu menjelang siang hingga malam hari di wilayah Kabupaten Bogor dan sebagian wilayah Jawa Barat untuk dua hari ke depan atau Selasa 9 Januari dan Rabu 10 Januari 2024.

Baca juga : Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023: Komitmen BRI Berdayakan Desa untuk Lebih Kuat dan Hebat

Soal deras dan di Kabupaten Bogor, Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana menghadapi ataupun angin puting beliung, antara lain dengan memperkuat struktur bangunan dan rumah, memperhatikan tanda – tanda terjadi angin kencang, hindari bangungan tinggi.

“Ketika sedang terjadi angin kencang agar berlindung di bangunan yang kokoh, jangan berlindung dibawah pohon, papan reklame dan bangunan yang berpotensi rubuh,” ujar M Adam Hamdani.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here