Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalKPU-AMSI Menandatangani Nota Kesepahaman Pelaksanaan Cek Fakta Pemilu

KPU-AMSI Menandatangani Nota Kesepahaman Pelaksanaan Cek Fakta Pemilu

Bogordaily.net – Setelah melalui beberapa tahapan audiensi, Asosiasi Media Siber Indonesia () dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( RI) telah sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman mengenai pelaksanaan Cek Fakta dalam penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPR, pemilihan anggota DPD, pemilihan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota.

Nota kesepahaman (MoU) dengan nomor 03/Mou//1/2024 dan nomor 2/PR.07-NK/01/2024 ditandatangani oleh Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (), Wahyu Dhyatmika, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( RI), Hasyim Asy'ari.

Salah satu tujuan kerja sama antara dan RI adalah untuk memberikan informasi yang akurat agar masyarakat terhindar dari berita bohong (hoaks) selama pemilu.

Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait tahapan, program, dan jadwal pemilu yang dapat dipercaya dan akan tersedia di masing-masing etalase informasi kedua lembaga.

Untuk mendukung pelaksanaan Cek Fakta, kedua belah pihak juga telah menyepakati penyediaan dokumen penunjang yang diperlukan serta melakukan peningkatan kapasitas masing-masing pihak.

Dokumentasi, pendataan, penyusunan bahan rujukan Cek Fakta, serta sosialisasi dan peningkatan pendidikan pemilih dalam penyelenggaraan pemilu juga menjadi fokus kerja sama ini.

dan KPU RI telah menunjuk perwakilan dari masing-masing lembaga sebagai penghubung, yakni Felix Lamuri, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif , dan dari KPU diwakili oleh Bernad Dermawan Sutrisno, Sekjen KPU RI.

Nota Kesepahaman antara dan KPU RI berlaku selama 3 (tiga) tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diubah berdasarkan kesepakatan bersama.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi: 0851 8065 3721 (Fellix Lamuri), 0812 9842 3374 (Dwiyanto).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here