Monday, 4 March 2024
HomePolitikProf Andi Pangerang Moenta dan 80 Profesor se-Indonesia Serukan Aksi Persatuan di...

Prof Andi Pangerang Moenta dan 80 Profesor se-Indonesia Serukan Aksi Persatuan di Pemilu 2024!

Bogordaily.net – Ketua Majlis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MDGB PTNBH) Prof Andi Pangerang Moenta dan Sekretarisnya Prof Baiquni menyampaikan sikap setelah mencermati perkembangan politik berbangsa dan bernegara menjelang Pemilu 2024.

8 Seruan MDGB PTNBH di Pemilu 2024

Pimpinan Majlis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MDGB PTNBH) yang mengemban visi “Menjadi Organisasi pemikir bangsa yang berperan nyata dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran Bangsa Indonesia”, menyatakan bahwa:

1. Mencermati dinamika perkembangan politik berbangsa dan bernegara, para pimpinan MDGB PTNBH memandang perlu mengemukakan pentingnya merawat demokrasi dan menegakkan konstitusi dalam rangka meneguhkan kedaulatan di tangan rakyat.

2. Mencermati situasi dan kondisi yang sedang terjadi dalam masyarakat, para guru besar menganjurkan segenap sivitas akademik untuk peran aktif mencerdaskan kehidupan berbangsa dalam merawat demokrasi dengan dasar nilai-nilai ilmu pengetahuan dan kearifan menjadi penting.

3. Menyerukan seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi pada Pemilu 2024, sebagai bentuk perwujudan kedaulatan rakyat. Melalui Pemilu 2024, mendorong seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan Demokrasi Pancasila dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan keteladanan serta beretika.

4. Menyerukan seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan Pemilu 2024 berjalan secara langsung, umum, bebas dan rahasia, tertib, aman, dan damai serta menjamin partisipasi seluruh rakyat.

5. Menyerukan seluruh calon presiden, calon wakil presiden, calon wakil rakyat dari pusat hingga daerah, beserta seluruh tim sukses untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengedepankan asas saling menghormati, sportif dalam kompetisi, serta menjaga nilai-nilai luhur bangsa.

6. Menyerukan kepada Lembaga Yudikatif, Legislatif, Eksekutif dari tingkat pusat hingga daerah untuk melaksanakan dengan benar proses Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan rakyat.

Menyerukan kepada Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu untuk mentaati konstitusi dan aturan yang berlaku dengan berintegritas tinggi, berlaku adil dan bertindak cermat dalam melaksanakan seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024.

8. Dengan demikian dapat dihasilkan kepemimpinan yang amanah, cerdas, terpercaya, dan bertanggungjawab membawa bangsa dan negara menuju kemajuan dan kemuliaan.

Perwakilan 80 Guru Besar Dari 16 Perguruan Tinggi Yang Hadir

1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Institut Pertanian Bogor
4. Universitas Gadjah Mada
5. Universitas Pendidikan Indonesia
6. Universitas Sumatera Utara
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Padjajaran
9. Universitas Diponegoro
10. Institut Teknologi Sepuluh November
11. Universitas Sebelas Maret
12. Universitas Andalas
13. Universitas Brawijaya
14. Universitas Negeri Malang
15. Universitas Syiah Kuala
16. Universitas Hasanuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here