Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalProfil Rizal Ramli, Mantan Menteri dan Ekonom Senior yang Meninggal Dunia

Profil Rizal Ramli, Mantan Menteri dan Ekonom Senior yang Meninggal Dunia

Bogordaily.net dan biodata tokoh nasional yang juga ekonom senior yang meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024 malam.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI  tersebut wafat di Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” tulis siaran pers yang beredar.

Pihak keluarga menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak jika semasa hidupnya memiliki kesalahan.

“Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” sambungnya.

lahir di Padang Sumatera Barat pada 10 Desember 1954. Umur saat ini 69 tahun.

Ayah merupakan Asisten Wedana dan sang ibu berprofesi sebagai guru. Saat masih berusia 7 tahun, ibu Rizl Ramli meninggal dunia.

Ia lalu tinggal bersama sang nenek di Bogor dan menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di kota hujan. Setelah itu melanjutkan pendidikan di kampus ITB.

Baca Juga: Kabar Duka, Rizal Ramli Meninggal Dunia di RSCM

Setelah mengenyam pendidikan di ITB, lalu mendapatkan gelar doktor ekonomi dari Universitas Boston pada tahun 1990.

Dalam kehidupan pribadi, Rizal menikah Herawati M. Mulyono dan dikaruniai 3 anak. Mereka adalah Dhitta Puti Saraswati, Dipo Satrio, dan Daisy.

Namun pada 2006, sang istri meninggal dunia. Selepas kepergian istrinya, Rizal Ramli menikah lagi dengan Marijani atau Liu Siaw Fung pada 2008. Kemudian pada 2011 Marijani juga meninggal dunia.

Perjalanan Karier

Dirangkum dari berbagai sumber, Rizal Ramli dikenal sebagai satu di antara tokoh pergerakan mahasiswa Indonesia era 1977/1978, pakar ekonomi, hingga tokoh perubahan Indonesia.

Pria yang disapa RR tersebut pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI menggantikan Indroyono Soesilo sejak 12 Agustus 2015.

Rizal Ramli menjadi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia ke-4 pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 27 Juli 2016.

Tak hanya itu Rizal juga merupakan Menteri Keuangan ke-23 atau pada era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur). Jabatan itu ia emban sejak 12 Juni 2001 sampai 23 Juli 2001.

Masih di pemerintahan Gus Dur, Rizal Ramli dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia ke-8 sejak 23 Agustus 2000 sampai 12 Juni 2001.

Sebelumnya ia juga menduduki posisi sebagai Kepala Badan Urusan Logistik ke-6 sejak 2000–2001 masih di era Presiden Gus Dur.

Di sisi lain, pada tingkat internasional, Rizal Ramli pernah menjadi anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat itu ia bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here