Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Rumah Terendam Banjir di Jonggol Bogor, 40 Warga Mengungsi

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Jonggol Bogor, 40 Warga Mengungsi

Bogrdaily.net – Puluhan rumah warga terendam banjir di Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, sebanyak 40 jiwa terpaksa mengungsi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik , M Adam Hamdani mengatakan bahwa, banjir yang membuat 40 jiwa mengungsi ini terjadi pada Minggu 7 Januari 2024 sekira sore hari.

“Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran anak sungai cipandan mengakibatkan banjir di wilayah tersebut,” kata M Adam Hamdani dalam keterangannya, Senin 8 Januari 2024.

Ia mentatakan, luapan air dari anak sungai Cipandan ini merendam 40 rumah di Kampung Ceger, RT 05/RW 06, Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

Baca juga : Konsultasi Online Kini Tersedia di ClayDerm Aesthetic Clinic Bogor

“Luapan air sungai berdampak pada 40 unit rumah yang dihuni oleh 15 KK atau 42 jiwa,” jelasnya.

Adam menambahkan, seiring dengan meredanya hujan, air yang merendam puluhan rumah warga ini pun berangsur surut.

“Saat ini luapan air sudah mulai berangsur surut serta korban yang terdampak sudah diungsikan di sekitar lokasi kejadian,” ujar Adam.

Baca juga : Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023: Komitmen BRI Berdayakan Desa untuk Lebih Kuat dan Hebat

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memminta masyarakat agar waspadai hujan deras dan angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Bogor.

Sebelulmnya, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi.

Terutama pada rentang waktu menjelang siang hingga malam hari di wilayah Kabupaten Bogor dan sebagian wilayah Jawa Barat untuk dua hari ke depan atau Selasa 9 Januari dan Rabu 10 Januari 2024.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here