Tuesday, 27 February 2024
HomeOpiniTim PKM FH Unpak Budidaya Tanaman Cabe Carolina Reaper di Desa Cemplang...

Tim PKM FH Unpak Budidaya Tanaman Cabe Carolina Reaper di Desa Cemplang Bogor

Tim PKM FH Budidaya Tanaman Cabe Carolina Reaper di Bogor

Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat secara langsung, di mana tim dosen bersama mahasiswa melakukan kegiatan berbasis peningkatan pendapatan masyarakat melalui program pembinaan dan pendampingan budidaya tanaman cabe Carolina Reaper di lingkungan masyarakat , Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor.

Program ini adalah program rutin yang di selengrakan oleh civitas akademika Universitas Pakuan ( ) tidak ketinggalan civitas fakultas hukum, karena pengabdian ini tidak selalu beririsan dengan disiplin ilmu namun juga bisa lintas disiplin dengan catatan bekerjasama dengan mitra.

Dalam kegiatan ini di dukung penuh oleh mitra PKM dan kelompok masyarakat yang benaung di bawah Semende Farm.

Tentu hal ini sangat memudahkan program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, Tim PKM mengembangkan pola baru dalam pertanian moderen dimana masyarakat di ajak untuk mengenal varietas tanaman cabe baru yaitu cabe Carolina Reaper yang memiliki tingkat kepedasan satu buah cabe memiliki tingkat kepedasan 1,5 juta SHU yang jika di bandingkan dengan cabe rawit pada umunya maka kalkulasinya 1 banding 20 cabe biasa, hal ini tentu menjadi daya tarik utama dalam pengembangan program ini secara berkelanjutan.

Cabe Carolina Reaper memang masih terkesan asing sehingga masyarakat umum masih banyak yg belum tau pola budidaya dan sumber bibit, dari kondisi inilah TIM PKM FH bekerjasama dengan Mitra Semende Farm berupaya mengenalkan program ini sekaligus upaya meningkatkan pendapatan masyarakat secara langsung.

Mengingat harga cabe ini tidak di hitung berdasarkan berat namun di jual satuan sehingga dapat memberikan dampak perbaikan ekonomi yang sangat baik bagi masyarakat, harga yang baik dan pangsa pasar sangat tinggi terutama di kalangan pencinta pedas dan anak muda.

Peluang ini lah yang menjadi daya tarik utama, cabe Carolina Reaper memang banyak di kenalkan atau di promosikan oleh influencer baik di media mainstream maupun di kanal YouTube sehingga banyak yang penasaran dengan tanaman cabe satu ini.

Program ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Bogor yang sehari-hari berprofesi sebagai petani konvensional dengan adanya Program PKM ini diharapakan masyarakat mendapat manfaat dengan baik.

Ke depan program ini akan terus berfokus pada pengembangan hasil produk olahan dan pemasaran yang siginifikan di platform digital memanfaatkan fasilitas dan kemudahan dunia digital.

Sehingga, masyarakat terbantu dari proses pemasaran hasil produk olahan berbahan dasar cabe Carolina Reaper yang di kembangkan oleh Tim PKM FH .***

Ditulis oleh:  Herli Antoni, Ketua Tim PKM FH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here