Monday, 6 May 2024
HomePolitikCek DPT Online 2024 Lewat HP Lengkap dengan Cara dan Link

Cek DPT Online 2024 Lewat HP Lengkap dengan Cara dan Link

Bogordaily.net – Cek online pada melalui HP atau ponsel yang mudah dan praktis. Berikut cek online lengkap dengan cara dan link.

Pada , undangan untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) kini juga menggunakan sistem online. Pemilih yang ingin mengecek lokasi TPS tempat mencoblos bisa menggunakan ponsel atau HP.

Masa pencoblosan sebentar lagi. Pesta demokrasi 5 tahunan di Indonesia akan digelar Rabu, 14 Februari 2024. Mulai hari ini Minggu, 11 Februari 2024 sudah memasuki masa tenang.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui di mana lokasi TPS untuk menyalurkan hak suara bisa cek melalui online.

Cara Cek Online:

– Pertama buka atau langsung klik link https://cekdptonline.kpu.go.id/

– Selanjutnya ketik atau masukan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

– Setelah itu klik Pencarian.

– Silakan tunggu beberapa saat dan akan muncul nama pemilih beserta nomor TPS tempat menyoblos.

Namun jika tidak terdaftar di DPT, masyarakat bisa menggunakan hak pilih melalui kategori Daftar Pemilih Khusus atau DPK.

Cara untuk masuk dalam DPK yakni dengan menunjukkan KTP elektronik pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS. Lokasinya disesuaikan dengan alamat identitas saat pemungutan suara.

Jika tidak terdaftar sebagai DPT, tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih, maka dapat tetap menyalurkan hak suara. Akan tetapi, pencoblosan dapat dilakukan 1 jam sebelum pemungutan suara di TPS berakhir. Yakni pukul 12.00 sampai 13.00 WIB. Selain itu pemilih kategori DPK dapat mencoblos jika surat suara masih tersedia di TPS tersebut.

Itulah cara Cek DPT online pada lengkap dengan link yang bisa langsung diklik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here