Friday, 23 February 2024
HomePolitikDebat Terakhir Capres, Serangan Anies Bakal Makin Ganas?

Debat Terakhir Capres, Serangan Anies Bakal Makin Ganas?

Bogordaily.net – Debat terakhir calon Presiden (Capres) nampaknya bakal kembali seru. Apakah akan mengulang kembali serangan bertubi-tubi kepada Capres Prabowo atau sebaliknya.

Debat capres dan cawapres memang menarik untuk diulas. Jika , Anies selalu mendominasi dan menguasai panggung.

Sedangkan jika debat Cawapres justru sebaliknya, Gibran selalu unggul dengan berbagai Gimik dan caranya mengajukan pertanyaan dan jawabannya.

Strategis Terakhir

Lantas apa yang bakal terjadi dalam terakhir nanti malam?

Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) Iwan Tarigan mengatakan, debat akhir selain makin gencar serangan. Nantinya juga diyakini akan menaikkan elektabilitas AMIN.

“Karena ini debat terakhir, maka intensitas serangan makin gencar. Sangat optimis (menaikkan elektabilitas), karena materi debat ini adalah rekam jejak Pak Anies sebagai Menteri terkait Pendidikan dan Pengalaman Gubernur dalam pelayanan publik, penanganan Covid, menjaga Toleransi,” kata Iwan dalam keterangannya, Minggu (4/2/2024) seperti diberitakan liputaan6.com.

Kemudian, saat ditanyakan terkait dengan strategi Timnas dalam menaikkan elektabilitas AMIN.

Ia mengaku, hanya fokus dalam melakukan kegiatan kampanye bersama masyarakat atau pendukungnya.

“Kami focus ke aktivitas kampanye kami yang dihadiri oleh ribuan masyarakat yang sangat antusias, Desak Anies dan Slepet Imin, Live Tiktok Pak Anies dan Pergerakan lebih 1.000 simpul relawan yang sangat militan dan metode kampanye dialog yang sangat diminati masyarakat,” ujarnya.

“Kami percaya hasil di lapangan mematahkan survei bayaran, penggiringan opini oleh kubu 02 bahwa kami 01 survei real-nya jauh lebih tinggi,” sambungnya.

Yakin Menang Satu Putaran

Selain itu, ia pun yakin bukan hanya lolos untuk putaran dua saja. Melainkan juga akan lolos dan memenangkan Pilpres dengan hanya satu putaran saja.

“Jawab, tidak hanya masuk putaran ke 2 tapi kami optimistis menang satu putaran, melihat kondisi lapangan dan perlawanan sivitas akademika terhadap Jokowi, karena pelanggaran etik berat MK meloloskan Gibran jadi Cawapres dan permainan bansos menjadi genderang perlawanan moral tentunya akan mereduksi suara 02 yang diendorse Jokowi,” tegasnya.

Lalu, terkait dengan tema debat pamungkas nanti disebutnya sangat menarik untuk dibahas dalam forum malam nanti.

“Tema ini akan sangat menarik, karena menjadi tema yang berguna untuk masa depan kita dan anak cucu kita. Sehingga Pak Anies akan banyak menyampaikan gagasan, program kerja dan misi visi yang menjawab kebutuhan masa depan sesuai tema debat,” pungkasnya.

Kapan Jadwal Debat Terakhir Capres Pilpres 2024?

Tercatat sudah dilaksanakan dua kali dan dua debat cawapres. pertama telah digelar pada 12 Desember 2023.

Kemudian debat cawapres pada 22 Desember 2023. Selanjutnya pada 7 Januari 2024 dan debat cawapres kedua pada 21 Januari 2024.

Setelah itu, akan dilaksanakan terakhir sebelum pemilihan umum (Pemilu) berlangsung pada 14 Februari 2024.

Debat Terakhir Capres 2024 Jam Berapa?

Terakhir 2024 akan dilaksanakan 10 hari sebelum Pemilu yakni pada 4 Februari 2024 pukul 19.00 WIB, seperti yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Debat kelima Pilpres 2024 ini, akan mempertemukan ketiga capres, yakni capres nomor urut 01 , capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo.

Tema Debat

Ketiga capres akan beradu gagasan mengenai delapan tema yang telah ditentukan yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat terakhir capres bakal berlangsung selama 120 menit yang dibagi ke dalam beberapa segmen, akan ada pertanyaan dari panelis dan sesi tanya jawab antarcapres.

Kemudian di akhir sesi kelima Pilpres 2024, ketiga cepres akan memberikan pernyataan penutup tentang tema yang dibahas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan debat terakhir Pilpres 2024 digelar di JCC, Senayan, Jakarta. JCC sebelumnya juga dipilih untuk debat kedua dan keempat.

Berikut rangkuman jadwal lengkap debat Pilpres 2024 dilengkapi temanya.

1. Debat Pertama (Capres)

Tanggal: Selasa, 12 Desember 2023
Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

2. Debat Kedua (Cawapres)

Tanggal: Jumat, 22 Desember 2023
Tema: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
3. Debat Ketiga (Capres)

Tanggal: Minggu, 7 Januari 2024
Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

4. Debat Keempat (Cawapres)

Tanggal: Minggu, 21 Januari 2024
Tema: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

5. Debat Kelima (Capres)

Tanggal: Minggu, 4 Februari 2024
Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here