Monday, 22 April 2024
HomeKabupaten BogorDispora Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Ecopreneur Kepemudaan

Dispora Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Ecopreneur Kepemudaan

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melakukan terobosan positif dengan menggelar yang digelar dari tanggal 20 -23 Februari 2024 di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

yang dilakukan ini diikuti 60 peserta yang berasal dari Pelaku Ekrap dan OKP yang ada di Kabupaten Bogor.

Sekdispora Kabupaten Bogor, Hendarsah mengatakan bahwa, ini punya dampak positif dalam menggali dan mengembangkan Ecopreneur yang ada di Kabupaten Bogor.

Baca juga : Damkar Kota Bogor Evakuasi Sarang Tawon yang Tewaskan Warga Tanah Sareal

Manfaat

Menurutnya, Ecopreneur kepemudaan ini salah satu kegiatan yang sangat positif dan punya nilai kepedulian yang sangat tinggi pada lingkungan.

“Dari ini kami berharap para pemuda bisa lebih terinspirasi dan termotivasi kreatifitasnya dalam pemanfaatan limbah atau sampah menjadi produk yang punya manfaat atau berkah,” kata Hendarsah, Kamis, 22 Februari 2024.

Ia mengatakan, para peserta yang ikut dalam ini bisa menjalankan proses kewirausahaan yang sinergi dengan menjaga keasrian lingkungan air, udara dan tanah.

Selanjutnya, Ketua Tim Pengembangan Kepemudaan Acep Hasbulah mengungkapkan bahwa, ini diikuti 60 peserta yang berasal dari pelaku Ekrap dan perwakilan OKP di Kabupaten Bogor.

Kemudian, untuk para pemateri dalam kegiatan kali ini berasal dari Kabekrap (Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bogor), HIPMI, Forum UMKM, Akademisi, Pelaku Usaha, Sahabat Insan Perubahan dan perwakilan SKPD.

Lahirnya Ecopreneur

Ia menambahkan, pelatihan Ecopreneur ini juga akan punya dampak yang bagus ke depannya akan lahir para Ecopreneur yang bisa menghasilkan karya karya unggulan.

“Para pelaku Ecopreneur ini nantinya akan membuat produk dengan mengolah sampah menjadi karya yang berdaya guna dan punya berkah,,” ujar Acep Hasbulah

Sementara itu, Direktur  Ekrap Kabupaten Bogor, Robby Firliandoko mengatakan saat ini ada 500 brand Ekrap di Kabupaten Bogor.

Baca juga : Komplotan Maling Motor di Kampung Munjul Tanah Sareal Terekam CCTV

Namun, kata Robby, tiap tahunnya selalu ada Kurasi atau dilakukan penilaian, seleksi dan pemilihan produk unggulan.

Ia juga sangat mengapresiasi langkah yang telah menggelar pelatihan Ecopreneur kali ini.

“Saya optimis ke depannya akan lebih banyak lagi Ecoprenuer di Kabupaten Bogor yang bisa melahirkan karya karya atau produk unggulan,” ungkap Roby.

Ia menambahkan, saat ini ada 17 Sub Sektor Industri Kreatif seperti Aplikasi, Arsitektur, Desain Interior, Desian Produk, Desain Komunikasi Visual, Fesyen, Film, Animasi, Video , Fotografi, Musik, Kuliner, Kriya, Penerbitan, Pengembangan Permainan, Periklanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Televisi dan Radio.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here