Friday, 19 July 2024
HomeKota BogorHMI Cabang Kota Bogor Gelar Kemah Bakti ke XIII

HMI Cabang Kota Bogor Gelar Kemah Bakti ke XIII

Bogordaily.net-Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Cabang Kota Bogor kembali menggelar Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan pada Selasa 27 Februari 2024.

Ketua HMI Cabang Kota Bogor, Sofwan Ansori menjelaskan, kemah bakti mahasiswa, merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai wujud salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

“Dalam Kemah Bakti Mahasiswa, kami akan berpartisipasi membantu warga di berbagai aspek di antaranya dari bidang hukum, lingkungan, ekonomi, UMKM dan kesehatan. Kami akan mengabdi pada warga dalam jangka waktu 1 bulan untuk menjalankan program-program yang telah dirumuskan,”kata Ketua HMI Cabang Kota Bogor, Sofwan Ansori

Dari bidang hukum, kata Sofwan,mereka akan mencoba menyelesaikan persoalan kenakalan remaja. Salah satunya lewat penyuluhan narkoba. Program ini akan dikoordinasikan mereka bersama pihak Kepolisian dan BNN.

Sofwan menerangkan, untuk bidang ekonomi dan lingkungan para mahasiswa akan membantu masyarakat setempat yang berprofesi sebagai petani mendapatkan bantuan bibit sayuran maupun buah.

Kemudian dari sisi UMKM mereka akan membantu pemasaran bagi pengusaha sandal di wilayah tersebut.

Sementara itu, di bidang kesehatan para mahasiswa akan rutin memeriksa kesehatan, membangun posyandu, hingga menyelenggarakan sunatan massal.

Perwakilan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Pusat, Andi Kurniawan mengapresiasi helaran tersebut. Menurut dia agenda KBM tak banyak dilakukan oleh HMI baik di tingkat komisariat, cabang, maupun PB.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. KBM harus dilaksanakan terus menerus. Bahkan kalau bisa ke tempat yang lebih pelosok dan belum banyak diakses orang,” ujarnya.

Ia berharap program ini membuat masyarakat semakin merasakan keberadaan HMI. Serta memantik semangat masyarakat dalam membangun wilayahnya.

Hal serupa diutarakan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Ia melihat KBM menjadi manifestasi fungsi mahasiswa sebagai pelaku kontrol sosial dan politik, katalisator, kaderisasi pemimpin masa depan, hingga kontributor yang membantu warga.

“Mahasiswa juga dapat melihat sejauh mana kebijakan Pemkot di lapangan dan memeriksa peran masing masing Dinas. Lewat kegiatan ini mahasiswa juga dapat membantu warga memanfaatkan potensi lokalnya,” tutur Bima.

Menurut dia, pemilihan Kelurahan Mulyaharja sebagai tempat pelaksanaan Kemah Bakti Mahasiswa, merupakan keputusan yang tepat.

“Kehadiran HMI dengan Kemah Bakti Mahasiswa sangat penting dan strategis terlebih di masa ujung kepemimpinan saya dan Pak Wakil Wali Kota,” tegas dia.***

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here