Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorHUT ke-23, BAZNAS Kota Bogor Gelar Khatmil Qur'an dan Doa Bersama

HUT ke-23, BAZNAS Kota Bogor Gelar Khatmil Qur’an dan Doa Bersama

Bogordaily.net – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor menyelenggarakan Khataman dalam rangka merayakan HUT ke-23 yang diikuti oleh Amilat di Plaza Masjid PPIB Kota Bogor pada Kamis 18 Januari 2024.

Dengan mengambil tema “Nikmat Berzakat Tentramnya Muzaki, Bahagianya Mustahik” serta Khataman Quran dengan membaca 30 Juz.

“Alhamdullah, tahun ini kami melaksanakan kembali kegiatan Kahtmil Qur'an dan Doa Bersama, dalam rangka peringatan HUT setiap amil membaca 1 – 2 juz dan pada acara akhirnya dibaca Juz 30 secara bersama-sama” ujar Ketua , Wahyul Mimbar, S.Ag, M.H.I, Selasa 13 Februari 2024.

Baca juga : Kalender Tahun Hijriah 2024 Versi PDF, Cek di Sini

Menurutnya, kegiatan tersebut juga menunjukkan soliditas BAZNAS se-Indonesia dan sebagai wujud rasa syukur telah berkiprah menyalurkan dana ZIS-DSKL dan mensyiarkan dakwah zakat selama 23 tahun di Kota Bogor Khususnya.

Oleh karena itu, Wahyul mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bogor dan Wakil Wali Kota Bogor yang sudah mendorong untuk bangkit dan juga memberikan bantuan yang luar biasa untuk mengelola zakat dari masyarakat.

Wahyul juga mengucapkan terima kasih kepada para amilin-amilat, pemangku kepentingan, para muzaki, peran media, serta seluruh pihak yang telah mempercayakan penyaluran ZIS-DSKL nya kepada .

“Kami juga tentu mengucapkan terima kasih kepada mustahik yang selama ini telah berdampingan secara baik dengan BAZNAS sehingga program-program bisa terdistribusikan dengan proporsional,” katanya.

Kebangkitan Ekonomi Ummat

Sementara Subhan Murtadla, S.Ag, M.E Wakil Ketua I menuturkan HUT ke 23 BAZNAS, harus dijadikan momentum kebangkitan ekonomi ummat dengan berkontribusi mengurangi kemiskinan bersama program ekonomi Zakat Produktif.

“Para amilin terus berinovasi dan berkolaborasi dengan semua pihak, dalam mewujudkan program-program Baznas dalam membantu perekonomian masyarakat Kota Bogor,” paparnya.

Wakil Ketua II Moh Nurdat Ilhamsyah, S.Pd mengungkapkan target pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak, sedekah pada tahun 2024 sebesar Rp5,8 miliar , dan 30 persennya dialokasikan untuk pendayagunaan.

“Tentunya target penyaluran zakat setiap tahun perlu diimbangi dengan pelayanan mustahik yang smart, baik secara administrasi, SDM internal maupun tekhnologi. Program pemberdayaan utamanya zakat produktif harus mampu Menyentuh 30 persen masyarakat Kota Bogor,” ujar Nurdat.

Rpmdoni, S.Ag Wakil Ketua III mengatakan akan senantiasa berusaha mengelola dana zakat, infak, sedekah yang lebih baik setiap tahun.

Baca juga : Kenali Kanker Serviks Sejak Usia Dini Bersama dr. Asih Budi Utami

“Mengajak kepada seluruh stake holder dan amilin utk bersabar dlm ikhtiar menjalankan amanah menuju pengelolaan ZIS yang baik, serta mengajak untuk tetap menjaga kebersamaan dalam berikhtiar meningkatkan pendapatan demi meningkatkan kesejahteraan warga Kota yg lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Wakil Ketua IV , Husen As Soleh, S.Ag, M.E menyampaikan, kegiatan peringatan HUT ini dilaksanakan oleh seluruh komponen BAZNAS di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, Khataman Quran ini dibaca oleh para pelaksana , ini akan menjadi energi dan membuat kita menjadi semangat, dalam menghadapi tahun yang akan datang,” kata Husen.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here