Monday, 22 April 2024
HomePolitikPengamat Politik UI Prediksi Eddy Soeparno Bertahan di Dapil Jabar 3

Pengamat Politik UI Prediksi Eddy Soeparno Bertahan di Dapil Jabar 3

Bogordaily.net Universitas Indonesia () Aditya Perdana memprediksi Sekjen PAN akan bertahan di Dapil Jawa Barat (Jabar) 3 Kota Bogor dan Cianjur.

Sementara, caleg pendatang baru yang diprediksi mendapatkan kursi adalah Kamarussamad dari Gerindra dan Ilham Permana dari Golkar.

Merespons hal ini, mengaku masih fokus memantau perhitungan suara partai untuk memastikan PAN kembali mendapat kursi di DPR RI dari Dapil Jawa Barat 3, termasuk kursi di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Baca juga : Film Korea Exhuma Mencapai 2 Juta Penonton dalam 4 Hari di Box Office

“Sampai saat ini fokus saya adalah memantau seluruh tahapan rekapitulasi perhitungan suara untuk PAN secara nasional yang saat ini masih berjalan. Khusus dapil saya, Jabar 3, tentu prioritas utama adalah mempertahankan kursi PAN. Jadi sampai saat ini saya berfokus untuk mengawal proses perhitungan suara di seluruh dapil secara nasional, sekaligus memastikan kursi PAN di Jabar 3 tetap dipertahankan,” kata Eddy, Selasa 27 Februari 2024.

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menyampaikan sampai sekarang belum sempat melihat perolehan suara Caleg lainnya dan menyerahkan proses rekapitulasi suara di dapilnya kepada Tim Pemenangan di Kota Bogor dan Cianjur.

“Saya telah memandatkan tim untuk menjaga dan mengamankan perolehan suara PAN di Jabar 3 di setiap jenjang perhitungan dan setiap tingkatan baik DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi dan DPR RI. Intinya bukan hanya memantau suara orang per orang tapi mengutamakan suara partai secara keseluruhan yang menjadi syarat konversi menjadi kursi di parlemen,” lanjutnya.

“Harus diingat bahwa tahapan rekapitulasi suara adalah proses yang tidak mudah karena membutuhkan ketelitian sekaligus pengawasan menyeluruh serta membutuhkan kerja sama seluruh saksi dan relawan,” lanjutnya.

Perolehan Kursi di Jabar

Seperti diberitakan sebelumnya Universitas Indonesia Aditya Perdana melakukan analisis terbaru tentang perolehan kursi partai di Dapil Jawa Barat, di antaranya Dapil Jabar III, Kota Bogor dan Cianjur.

Baca juga : Alice Norin Berhasil Jalani Operasi Kanker Sarkoma di Singapura

Doktor dan Pengajar di Departemen Ilmu Politik FISIP ini menjelaskan fenomena caleg-caleg baru dengan suara signifikan seperti Kamarussamad dari Gerindra, Aziz dari PDI-Perjuangan dan Ilham Permana dari Golkar, karena kekuatan caleg-caleg yang secara kolektif mendulang perolehan suara yang besar.

Sementara sejumlah caleg petahana seperti , Neng Eem Marhamah (PKB) dan Syarif Hasan (Partai Demokrat) harus berjuang ekstra keras karena kurang mendapatkan dukungan suara caleg di bawahnya.

Meski bersaing dengan istri Walikota Bogor Yane Adrian, menurut Aditya, posisi Eddy sebagai petahana sekaligus Sekjen partai yang rajin merawat dapil membuat suaranya sementara ini unggul di baik di Kota Bogor, maupun Cianjur dibanding caleg PAN lainnya.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here