Monday, 22 April 2024
HomeNasionalProfil AHY yang Baru Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR

Profil AHY yang Baru Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR

Bogordaily.net atau yang dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu, 21 Februari 2024.

Putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kini resmi menjabat sebagai Menteri ATR/BPN di Kabinet Indonesia Maju pada sisa masa jabatan periode 2019-2024.

menggantikan Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 21 Februari 2024.

Baca Juga: AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN Gantikan Hadi Tjahjanto

Sebelum dilantik sempat bertemu dengan Hadi Tjahjanto. Pertemuan tersebut terungkap melalui media sosial .

“Tadi malam, saya menghadap Menteri ATR/ Kepala BPN, Marsekal TNI (Purn) @hadi.tjahjanto. Saya mendapatkan bimbingan, wejangan dan nasehat serta dukungan yang luar biasa dari beliau terkait rencana penugasan saya yang baru,” ujar AHY melalui unggahan Instagram @agusyudhoyono.

“Saya sampaikan kepada beliau, tentu saja proses belajar ini tidak cukup hanya saat itu, tetapi mohon berkenan agar beliau tetap membimbing saya dalam penugasan yang baru nanti. Terima kasih Pak Hadi. Selamat atas penugasan selanjutnya,” sambungnya.

(AHY) usai bertemu Hadi Tjahjanto. (Foto: Instagram @agusyudhoyono)

atau AHY

Mayor Inf (Purn.)  lahir di Bandung, 10 Agustus 1978. Pria yang disapa AHY dikenal sebagai politikus dan mantan perwira TNI AD.

AHY adalah anak pertama dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono.  AHY memiliki seorang adik laki-laki Edhie Baskoro Yudhoyono yang lahir pada tahun 1980.

Sebelumnya, AHY merupakan perwira TNI AD yang berkarier selama 16 tahun dan memilih pensiun dini. Ia adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer tahun 2000 dan meraih penghargaan Presiden RI yakni Bintang Adi Makayasa.

Berdasarkan laman Wikipedia, saat menjalankan tugas di TNI AD, AHY mengemban tugas operasi pemulihan keamanan di Aceh tahun 2002 dan operasi perdamaian PBB di Libanon tahun 2006.

Ia juga memiliki peran saat Universitas Pertahanan Indonesia didirikan. Kemudian pada 2015, AHY memimpin salah satu satuan pengamanan Ibu Kota sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning, di bawah Brigif 1/PIK, Kodam Jaya.

Kemudian pada 2016, ia pensiun dini dari TNI AD. Ia kemudian diusung oleh Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

Sejak saat itu, AHY aktif berpolitik di Partai Demokrat dan diberi tugas menjadi Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) untuk pemenangan Pileg 2019.

AHY lalu terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2020–2025 secara aklamasi dalam Kongres ke-V Partai Demokrat pada 15 Maret 2020.

Dalam kehidupan pribadi, ia menikah menikah dengan Annisa Larasati Pohan tahun 2005. Dari pernikahannya tersebut AHY dan Annisa Pohan dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here