Monday, 29 April 2024
HomeNasionalProfil Jaleswari Pramodhawardani Staf KSP yang Ikut Mundur Susul Mahfud

Profil Jaleswari Pramodhawardani Staf KSP yang Ikut Mundur Susul Mahfud

Bogordaily.net – Profil Jaleswari Pramodhawardani jadi perhatian publik setelah mengikuti jejak mundur dari Kantor Staf Presiden (KSP).

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani juga menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya di Kantor Staf Presiden (KSP), terhitung mulai Kamis, 1 Februari 2024 hari ini.

“Melalui siaran pers ini, saya Jaleswari Pramodhawardani menginformasikan pengunduran diri saya dari jabatan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan terhitung 1 Februari 2024,” kata Jaleswari dalam siaran persnya, Rabu (31/1/2024).

Jaleswari menyampaikan secara formal proses permohonan pengunduran dirinya sudah diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Masuk Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud

Jaleswari yang diketahui masuk dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo- sejak November 2023, menyatakan mundur karena tidak ingin dipersepsikan sebagai beban politik Presiden Joko Widodo.

“Alasan pengunduran diri saya didasari pada etika dan keyakinan yang saya harus pegang. Dalam hal ini, saya menyadari penuh bahwa saya perlu menghindari situasi di mana saya dapat dipersepsikan sebagai beban politik bagi Bapak Presiden maupun lembaga kepresidenan secara umum dikarenakan pilihan politik pribadi saya,” tutur Jaleswari.

Dia juga menyatakan memahami dan menangkap kebutuhan publik atas netralitas dan profesionalisme pemerintah terutama di tahun politik.

“Saya pribadi memohon maaf apabila dalam mengemban jabatan sebagai Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, terdapat ruang penyempurnaan yang belum saya isi secara maksimal,” ujar Jaleswari.

Dia mendoakan Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik dan senantiasa diterangi jalannya oleh Allah SWT.

Profil Jaleswari Pramodhawardani

Dalam jumpa pers di gedung High End, Jakarta Pusat pada Rabu (15/11/2023) lalu, Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menyampaikan, TPN Ganjar-Mahfud akan memiliki struktur baru, yakni Deputi Inklusi.

Saat itu, Arsjad menjelaskan, deputi ini akan diisi oleh perempuan-perempuan berbakat dari berbagai bidang.

“Pembentukan Deputi Inklusi ini diungkapkan sebagai wujud komitmen TPN Ganjar-Mahfud untuk meraih kemenangan rakyat Indonesia,” kata Arsjad dalam rilisnya, Kamis (16/11/2023).

Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud dipimpin oleh Jaleswari Pramodhawardhani.

Saat itu, Jaleswari menjabat sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden (KSP).

Sebelumnya, Jaleswari menyelesaikan pendidikan menengah pertamanya di SMP Negeri 20 Jakarta dan melanjutkan ke SMA Negeri 39 Jakarta.

Karir Jaleswari Pramodhawardani

Pendidikan tingginya ditempuh di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Tidak berhenti di situ, Jaleswari kemudian melanjutkan pendidikan magister di Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia dengan fokus pada studi gender.

Kelahiran Surabaya pada 11 Agustus 1964 ini memulai karier sebagai peneliti di Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 1998.

Ia juga menempati posisi sebagai Anggota Dewan Penasehat Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN) sejak 2003 hingga saat ini.

Selain sebagai akademisi dan peneliti, Jaleswari dikenal sebagai aktivis yang gigih dalam menyuarakan pendapatnya mengenai hak asasi manusia (HAM), pertanahan, dan keamanan.

Terlibat dalam birokrasi pemerintahan sejak 2014, Jaleswari memulai karirnya sebagai Staf Khusus Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Selama setahun, ia menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan RI.

Pada tahun 2016, Jaleswari dilantik menjadi Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan HAM.

Posisi ini kembali dipegangnya pada tahun 2020 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2020 yang ditandatangani pada 15 Juni 2020.

Jaleswari Pramodhawardani juga telah menduduki beberapa posisi penting di pemerintahan, seperti Dewan Pengarah Tim Evaluasi Kelembagaan Kantor Staf Presiden, Pengarah Tim Monitoring Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat Kementerian Dalam Negeri, serta Penanggung Jawab Tim Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria Kantor Staf Presiden.

Selain itu, sebagai peneliti, Jaleswari aktif dalam keanggotaan Perhimpunan Indonesia Untuk Pembinaan Pengetahuan Ekonomi dan Sosial (Bineksos).

Terakhir, ia juga menjadi Penasihat Senior di The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research

Itulah ulasan dan informasi mengenai profil Jaleswari Pramodhawardani staff KSP yang ikut mundur susul .***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here