Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorSambut Tahun Baru Imlek, TNI AU Atang Sendjaja Bersihkan Vihara  

Sambut Tahun Baru Imlek, TNI AU Atang Sendjaja Bersihkan Vihara  

Bogordaily.net – Menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, para prajurit turun membantu kegiatan bersih-bersih area tempat peribadatan umat Konghucu. Kegiatan bersih-bersih dilaksanakan pada dua tempat yakni Dhanagun dan Vajrabodhi, Kota Bogor pada Kamis 8 Februari 2024.

Kegiatan sosial yang dipimpin Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI M. Taufiq Arasj itu sebagai wujud kepedulian , terhadap masyarakat khususnya umat Konghucu yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

“Kami melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Dhanagun dan Vajrabodhi sebagai wujud kepedulian dari TNI khususnya TNI AU terhadap saudara-saudara kita umat Konghucu yang akan merayakan Imlek,” kata Danlanud di sela kegiatan di Dhanagun kepada awak media.

Selain itu, kata Taufiq, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan pimpinan TNI AU bahwa, satuan-satuan TNI AU di daerah harus melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan beragama.

“Ini wujud toleransi sebenarnya yang menunjukkan bagaimana kami mengaplikasikan toleransi antar umat beragama, dengan membantu saudara-saudara kita dalam mempersiapkan perayaan Imlek,” paparnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih di area Dhanagun melibatkan 25 prajurit bersama para pejabat di lingkungan Lanud Atang Sendjaja.

Sementara, 25 prajurit lain melakukan bersih-bersih di area Vajrabodhi jelang Imlek.

“Semoga makna dari keberadaan kami di sini menunjukkan kita semua cinta damai, kita semua adalah bersaudara, tidak ada perbedaan-perbedaan yang harus ditonjolkan, apapun suku, agama, ras dan lainnya tetap menjadi satu sebagai bangsa Indonesia, yang wajib menjaga perdamaian dan kenyamanan,” imbuhnya.

Danlanud mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan yang pertama kali dan baru dilakukan di dua tempat di Kota Bogor.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga mungkin menjadi pengalaman yang menarik bagi para prajurit TNI AU yang belum mengetahui klenteng, bagaimana keragaman, prosesi peribadatan, dan juga pembelajaran dari aspek sejarah.

Vihara Tertua Bogor

“Terus terang saya juga baru paham bahwa Vihara Dhanagun ini adalah Vihara tertua dan ini salah satu pembelajaran bagaimana dari aspek sejarah harus kita llestarika. Apalagi di ATS (Atang Sendjaja) membawahi dua masjid, dua gereja dan satu pure,” ucapnya.

Taufiq juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Vihara Dhanagun dan Vihara Vajrabodhi yang sudah mewadahi untuk bisa berpartisipasi dalam menjaga klenteng, sehingga Lanud Atang Sendjaja sekarang sudah mempunyai enam tempat ibadah.

“Untuk perayaan Cap Go Meh kami juga punya kegiatan untuk mengundang saudara-saudara orang tua untuk merayakan Cap Go Meh di dalam Lanud Atang Sendjaja untuk memberikan sedikit perhatian kepada orang tua kita yang berada di Panti Jompo Tionghoa,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Vihara Dhanagun, Rudi mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Atang Sendjaja yang sudah menjembatani kegiatan bersih-bersih sehingga area vihara sekarang bertambah bersih.

“Buat kami juga ini kejutan karena ini kegiatan pertama kali dari TNI AU. Tapi kami memang sudah sering ada hubungan dengan TNI dalam perayaan yang sudah dijalankan. Mudah-mudahan kegiatan berkesinambungan ke depannya,” ungkapnya.(Ibnu Galansa) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here