Tuesday, 30 April 2024
HomeNasional4 Manfaat Olahraga Saat Puasa Menurut Dokter Astrid Putri dari Murni Teguh...

4 Manfaat Olahraga Saat Puasa Menurut Dokter Astrid Putri dari Murni Teguh Sudirman Jakarta Hospital

Bogordaily.net – olahraga saat apa saja? Bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah dapat tetap melakukan aktivitas olahraga. Terlebih ada sejumlah yang bisa diperoleh. Sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu dokter di Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta.

Dokter Astrid Putri yang bertugas di Murni Teguh Sudirman Jakarta Hospital memberikan penjelasan mengenai olahraga saat menjalani ibadah .

Melalui unggahan di akun resmi @rsmurniteguhsudirmanjakarta, dr. Astrid menjelaskan terdapat empat manfaat melakukan olahraga saat berpuasa.

Hilangkan Rasa Kantuk dan Malas

Pertama, olahraga dapat mengusir rasa kantuk dan malas yang sering muncul saat menjalani .

Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin selama periode berpuasa dapat menyebabkan cepat mengantuk dan merasa malas.

“Namun, dengan berolahraga, tubuh dapat mengubah lemak menjadi glukosa, yang membantu mengurangi rasa lelah dan mengantuk,” kata dr. Astrid Putri.

Baca Juga: Izzy Kangen Jalani MCU di Murni Teguh Sudirman Jakarta Hospital

Membantu Turunkan Berat Badan

Selanjutnya, olahraga juga membantu menurunkan berat badan. Saat berbuka , sering kali sulit untuk mengontrol asupan makanan karena rasa lapar dan haus yang berlebihan.

Namun, dengan melakukan olahraga, makanan yang dikonsumsi dapat lebih mudah diubah menjadi energi melalui proses pembakaran kalori. Bahkan membantu menurunkan berat badan secara perlahan.

Cegah Diabetes

Manfaat ketiga adalah mencegah penyakit diabetes. Banyak orang yang berbuka dengan mengonsumsi makanan manis seperti kolak atau es buah, yang dapat meningkatkan risiko kadar gula darah tinggi.

“Namun, dengan berolahraga, tubuh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu mencegah terjadinya penyakit diabetes,” ujarnya.

Detoksifikasi Tubuh

Terakhir, olahraga membantu menjaga kelancaran proses detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi terutama terjadi saat sistem pencernaan bekerja, namun saat berpuasa sistem pencernaan istirahat.

Dengan berolahraga, aliran darah dan kelenjar getah bening menjadi lebih lancar, yang membantu menjaga kelancaran proses detoksifikasi tubuh.

Dokter Astrid menegaskan bahwa dengan melakukan olahraga saat berpuasa, bukan hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan keseluruhan tubuh.

“Oleh karena itu, penting untuk tetap aktif dan berolahraga meskipun sedang menjalani ibadah ,” imbuhnya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here