Sunday, 14 April 2024
HomeKabupaten BogorBanjir di Cilebut Bogor Belum Surut, Ini Curhat Warga

Banjir di Cilebut Bogor Belum Surut, Ini Curhat Warga

Bogordaily.net masih merendam rumah warga Desa Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor sejak Minggu, 24 Maret 2024 malam.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada pukul 17.00 – 20.00 WIB mengakibatkan bencana dan tanah longsor.

Salah satunya di Desa Barat tepatnya di Kampung Jengkol RT01, 04/10, RT05/10, RT01, 02, 03, 04/21. Puluhan rumah terendam .

Warga Desa Barat, Gunawan mengatakan terjadi pada malam hari sekira pukul 20.00 WIB. Dan hingga saat ini belum surut karena hujan masih deras.

Salah satu rumah warga yang terdampak di Desa Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada Senin 25 Maret 2024. (Albin/Bogordaily.net).

“Pas malam banjir mulai deres karena emang hujanya deres banget. Dan ini selokan juga pada mampet jadi air masuk ke rumah-rumah sini sampe kamar, dapur kebanjiran,” kata Gunawan kepada Bogordaily.net, Senin, 25 Januari 2024.

Menurutnya, hingga pukul 19.00 WIB ini banjir masih menggenang sebagian dari rumah warga dan hujan masih mengguyur hingga malam hari ini.

“Tadi si pas siang banjir nya udah lumayan surut sedikit, udah sempet bersih-bersih rumah, tapi hujan deres lagi air naik lagi,” jelasnya.

Ia berharap akan ada bantuan dari pemerintah setempat untuk segera menangani permasalahan banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut pada saat hujan deras.

“Semoga aja ini pemerintah bisa bantu nanganin drainase disini, biar kalo ujan deres ga kebanjiran,” ujar Gunawan.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor terendam banjir pada Minggu 24 Maret 2024.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor terdapat sejumlah wilayah, dengan kondisi bencana yang berbeda-beda.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengungkapkan tiitk banjir di antaranya terjadi di sekitar Cibinong, Babakan Madang, Sukaraja, Bojonggede. Kemudian longsor terjadi di Kemang.

“Sampai saat ini ada korban jiwa di Desa Sentul yang masih dalam pencarian,” kata M Adam Hamdani saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Senin, 25 Maret 2024.

Menurutnya, atas kejadian bencana banjir ini, BPBD Kabupaten Bogor menyampaikan imbauan bahwa mengingat akhir-akhir ini terjadi hujan dengan intensitas dan durasi tinggi.

“Semua masyarakat dan stake holder hingga aparat desa dan kecamatan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, terutama yang menjadi langganan banjir, dan rumah-rumah di sepadan sungai. Juga rumah yang ada di sekitar tebing,” ungkapnya.  (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here