Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorCamat Cibinong Tingkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah Melalui Tarawih Keliling

Camat Cibinong Tingkatkan Silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah Melalui Tarawih Keliling

Bogordaily.net – Kegiatan Tarawih Keliling () yang dilakukan Pemkab Bogor yang pertama pada  Ramadhan 1445 Hijriah dilakukan di Masjid Al Muttaqien masjid Al-Muttaqin,  kampung Kaumpandak, RT 02 RW 13 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, pada Senin (18/3/24) kemarin malam lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh Camat Cibinong, Acep Sajidin yang sangat aktif dalam menggelar berbagai kegiatan ukhuwah islamiyah.

Acep menambahkan, pihaknya sangat senang bahwa  pelaksanaan di masjid Al-Muttaqin merupakan kegiatan perdana ditingkat Kabupaten Bogor pada bulan Puasa tahun ini.

Lebih lanjut, kata Acep Sajidin, kegiatan tingkat Kabupaten Bogor ini digaungkan oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

“Ini adalah kegiatan tingkat kabupaten Bogor yang pertama, dan ketua timnya adalah Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro,” kata Acep Sajidin.

Acep Sajidin menjelaskan, pelaksanaan di masjid wilayah Kelurahan Karadenan itu, dihadiri oleh seluruh Lurah se-Kecamatan Cibinong yang terdiri dari 13 pemangku kebijakan wilayah tersebut.

Adapun, tim Kabupaten Bogor di anggotai oleh para pejabat tinggi di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) yang diantaranya, para Dirut dan wakil Dirut RSUD, Camat se-Kabupaten Bogor, dan para kades hingga lurah.

“Dalam kesempatan pada hari ini, kami Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cibinong, kami sebagai tuan rumah di pertama ini. Sehingga kita kumpul semua teruntuknya bagi forum muspika Cibinong termasuk para lurah serta tokoh masyarakat yang berada di sekitaran masjid Al-Muttaqin Karadenan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, penunjukkan masjid Al-Muttaqin untuk mewakili kecamatan Cibinong, dipilih bukan tanpa sebab. Dimana, masih kata Acep Sajidin, sarana ibadah bagi umat muslim itu dilihat belum sekalipun diikutsertakan dalam program bergengsi tingkat Kabupaten Bogor.

“Penunjukkan masjid Al-Muttaqin ini adalah saya sendiri yang menunjuknya sebagai Camat, kenapa saya pilih masjid ini karena dari sekian masjid yang ada dengan lokasi strategis, juga masjid Al-Muttaqin ini belum pernah sekalipun kita ikut sertakan di kegiatan seperti ini. Makanya saya pilih masjid Al-Muttaqin Karadenan sebagai masjid yang mewakili Kecamatan Cibinong di tingkat Kabupaten Bogor di hari pertama,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan baik di bulan suci Ramadhan tidak hanya dilakukan tingkat Bumi Tegar, melainkan juga akan dilakukan tingkat Kecamatan Cibinong yang diinisiasi dirinya selaku pemimpin di wilayah ibukota dari Kabupaten Bogor tersebut.

“Nanti selanjutnya, untuk Kecamatan Cibinong juga akan melakukan tingkat Kecamatan yang diinisiatori saya sendiri selaku Camat Cibinong,” ungkap Acep Sajidin.

Acep yang juga sebagai Ketua Pelti Kabupaten Bogor  kegiatan itu bertujuan sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antara alim ulama dan Umaro, maupun pertemuan antara masyarakat dengan para pejabat pemerintahannya hingga pihak kepolisian republik Indonesia yakni dari jajaran Polres Bogor.

“Dengan adanya ini, kan kita jadi bisa saling bertemu bahkan untuk kita saling bertemu antara kita di pemerintahan Kabupaten Bogor dengan warga masyarakatnya di momentum yang baik pada malam hari ini,” katanya.

Sementara itu,  Waka Polres Bogor, Kompol Adhimas Sriyono Putra menyampaikan, bila tarawih keliling yang diprakarsai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor itu, merupakan hal baik dan patut dicontoh oleh wilayah di pemerintahan di daerah manapun.

Baginya, jajaran Polres Bogor yang diamanahkan untuk ikut serta dalam program ramadhan 1445 Hijriah untuk pertama kalinya bertempat di masjid Al-Muttaqin Karadenan, merespon baik dan mengapresiasi atas amanah yang diberikan terhadap lembaga yang dinaunginya tersebut.***

(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here