Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaDoa Awal Puasa Ramadhan yang Selalu Dilantunkan Nabi

Doa Awal Puasa Ramadhan yang Selalu Dilantunkan Nabi

Bogordaily.net awal puasa Ramadhan merupakan bacaan yang selalu dilantunkan umat muslim di seluruh dunia.

Dalam riwayatnya ini selalu dilantunkan Nabi Muhammad SAW.

Tahun ini, awal bulan Ramadhan diprediksi akan jatuh pada tanggal 11 atau 12 Maret 2024. 

Adapun kepastian awal 1 Ramadhan 1445 H akan ditetapkan melalui sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah.

Setiap tahunnya, momen penantian datangnya bulan Ramadhan biasanya disambut dengan bergembira oleh umat Islam di seluruh dunia. 

Mengutip laman NU Online, ketika menyambut datangnya bulan Ramadhan, seorang muslim dianjurkan untuk memanjatkan agar bisa mendapatkan keberkahan pada bulan yang suci itu.

Awal Puasa Ramadhan 

Diriwayatkan , Rasulullah SAW membaca suatu ketika melihat hilal atau masuknya bulan Ramadhan. 

Adapun ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar al-Haitami Ithafu Ahlil Islam bi Khushushiyyatish Shiyam (109). Berikut bacaannya:

اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Allāhu akbaru, lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīmi. Allāhumma innī as'aluka khaira hādzas syahri, wa a'ūdzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya: “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

Selanjutnya, ini merupakan permohonan Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, berikut bacaannya:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ (مرتين)، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ (ثَلاث مرات)، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā'a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Mengutip dari buku Kumpulan Tanya Jawab Islam, menyambut bulan Ramadhan ini sudah bisa dipanjatkan sejak bulan Rajab. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan

Artinya: “Ya Allah berilah keberkahan pada kami di bulan Rajab, bulan Syaban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad)

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, berikut ini salah satu yang biasa dilafalkan oleh Rasulullah ketika menyambut bulan Ramadhan:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah. Hilalu rusydin wa khairin

Artinya: “Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan.”

Selain doa-doa di atas, seorang muslim juga dapat membaca doa ini untuk menyambut bulan Ramadhan. 

Doa ini, dikutip dari laman NU Online, diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). 

Dalam hadits tersebut Rasulullah mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca saat Ramadhan datang. Berikut riwayatnya (sanadnya hasan):

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:

‘Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan'

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du'â', Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311).

Demikian informasi dan ulasan mengenai doa awal puasa Ramadhan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here