Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalHari Perempuan Internasional 2024, SBI Pabrik Narogong Dorong Kelompok Binaan Tetap Tangguh...

Hari Perempuan Internasional 2024, SBI Pabrik Narogong Dorong Kelompok Binaan Tetap Tangguh Atasi Tantangan Perubahan Iklim

Bogordaily.net Menyambut 2024, mendorong kelompok binaan untuk tetap tangguh atasi tantangan perubahan iklim.

Dalam rangka memperingati 2024, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong yang merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, menggelar webinar secara hybrid bersama masyarakat sekitar pabrik. Khususnya kaum perempuan untuk terus berinovasi di tengah kondisi yang penuh dengan tantangan.

Bertemakan “Perempuan, Ketahanan Pangan dan Perubahan Iklim”, diskusi interaktif ini dihadiri oleh Direktur SDM & Umum SIG, Agung Wiharto, Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari serta Direktur Climate Reality Indonesia & Praktisi Environment, Climate and Sustainability Food, Amanda Katili Neode.

Di tengah situasi yang dapat berdampak pada kompleksitas ketahanan pangan, perempuan memainkan peran penting dalam memastikan keamanan pangan keluarga dan komunitas mereka, sambil beradaptasi dengan perubahan iklim yang semakin nyata.

Baca Juga: SBI Pabrik Narogong Raih Penghargaan dari Kementerian ESDM

Namun dalam penerapannya, masih terdapat keterbatasan akses terhadap sumber daya dan teknologi yang untuk mendukung produktivitas.

Dalam sambutannya, Direktur SDM & Umum SIG Agung Wiharto mengingatkan tentang peran penting perempuan untuk selalu berinovasi serta menjadi inspirasi dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Terutama di tengah kesibukannya berbagi waktu antar pekerjaan dan keluarga.

Direktur SDM & Umum SIG, Agung Wiharto, memberikan sambutan pada acara webinar kali ini sekaligus mengucapkan Selamat 2024.(Foto: Dok. SBI)

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan menciptakan pondasi keberlanjutan yang lebih inklusif, adil, dan tangguh terhadap tantangan global. Hal ini sejalan dengan komitmen SIG Group untuk mencapai target SDGs 2030 pilar kelima yaitu Kesetaraan Gender di seluruh area operasional perusahaan,” jelas Agung Wiharto.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, yang mana kesetaraan gender bukan hanya hak dasar. Akan tetapi juga kunci untuk melangkah maju menuju dunia yang berkelanjutan di masa depan.

“Meskipun telah ada kemajuan dalam memperjuangkan kesetaraan gender, perempuan masih menghadapi berbagai rintangan yang membatasi potensi dan kesejahteraan mereka. Karena itu, perlu adanya keterlibatan dari berbagai pihak agar seluruh perempuan mampu menghadapi tantangan ini serta memberikan kontribusi yang maksimal di dalam pekerjaan dan tanggung jawabnya,” ujar Reni.

Lomba Inovasi Pangan Lokal

Selain webinar dan diskusi interaktif yang membahas bagaimana cara perempuan memainkan peran penting. Khususnya untuk memulai perubahan guna mencapai target pembangunan berkelanjutan yang lebih baik juga menggelar lomba inovasi pangan lokal.

Lomba tersebut melibatkan kelompok binaan di sekitar pabrik Narogong untuk menyalurkan kreativitas. Dalam mengolah bahan makanan lokal dengan komposisi gizi, ketersediaan lokal dan efisiensi biaya.

Lomba inovasi pangan lokal yang melibatkan beberapa kelompok binaan . (Foto: Dok. SBI)

General Affairs & Community Relations Manager sekaligus Ketua Bidang III Srikandi SIG Nur Lailiyah berharap kegiatan ini semakin menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu meningkatkan keterampilan dan berperan aktif dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah perubahan iklim.

“Peringatan kali ini terasa sangat spesial. Karena apa yang kami lakukan bagi kelompok binaan, sangat selaras dengan tujuan Srikandi SIG untuk memberikan wadah bagi perempuan dalam meningkatkan kemampuan agar dapat beradaptasi dan menjaga keseimbangan perannya,” ujar wanita yang disapa Laily tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here