Friday, 3 May 2024
HomeNasionalManfaat Salat Dhuha di Bulan Ramadan : Seperti Ibadah Haji dan Umrah

Manfaat Salat Dhuha di Bulan Ramadan : Seperti Ibadah Haji dan Umrah

Bogordaily.net – Simak manfaat yang dikerjakan pada bulan antara pukul 8 hingga tengah hari yakni sekitar pukul 11 siang.

bisa dikerjakan minimal 2 raka'at salam dan maksimal 12 raka'at.

Jika yang dikerjakan pada hari biasa saja sudah istimewa, maka sholat dhuha yang dikerjakan selama akan menghasilkan pahala dan berkah berlipat dari Allah SWT yang.

Manfaat

1. Pahala Seperti Ibadah Haji dan Umrah

Sungguh dahsyat amalan sholat Dhuha hingga orang-orang yang mengerjakannya akan mendapat pahala layaknya jika orang yang bersangkutan pergi Haji dan Umrah.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa Sholat Subuh berjamaah lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian sholat 2 raka'at, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (Hasan: Shahih At-Tirmidzi, no. 480, 586; Shahih At-Targhib wa AT-Tarhib, no. 464; Ash-Shahihah, no. 3403).

2. Mendapat Ampunan

Orang yang rajin mengerjakan sholat dhuha akan diampuni dosa-dosanya. Ini tercantum dalam Hadist riwayat Tirmidzi.

Rasulullah bersabda: “Siapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi).

3. Rezeki dan Kebutuhan Hidupnya Dicukupi Allah

Dengan rajin melaksanakan sholat dhuha, niscaya rezeki akan mengalir dengan mudah.

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadis Qudsi dari Abu Darda, bahwa, “Allah berfirman, ‘Wahai Anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat di awal siang hari (dhuha), maka akan Aku cukupkan bagimu sampai akhir siangnya.”(HR Tirmidzi).

4.Dibuatkan Pintu Khusus dan Rumah di Surga

Allah akan mengganjar umat Islam yang tekun melaksanakan sholat Dhuha dengan pintu khusus yang akan mengantar ke surga.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah”. (HR.Thabrani)

Selain itu, Allah SWT juga menjanjikan akan membangun rumah di surga untuk orang yang melaksanakan sholat dhuha.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634).

5. Pahala yang Berlipat

Mengerjakan dua rakaat sholat dhuha sudah cukup mendatangkan pahala. Namun, ternyata pahala dapat berlipat susuai dengan jumlah rakaat sholat dhuha.

Dari Abi Dzar, Rasulullah saw bersabda, “Bila engkau melaksanakan dua rakaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rakaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba uang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah disurga.

Demikian manfaat yang dikerjakan pada bulan .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here