Tuesday, 16 April 2024
HomeTravellingRekomendasi Tempat Wisata Goa Paling Eksotis di Bogor

Rekomendasi Tempat Wisata Goa Paling Eksotis di Bogor

Bogordaily.net – Berencana liburan di Bogor tapi males ke Puncak? Liburan ke tempat goa di Bogor bisa jadi pilihan untuk yang suka berpetualang yang memicu adrenalin.

Di Bogor ada tempat berupa goa. Lokasinya tersebar di berbagai wilayah. Setidaknya ada 6 tempat goa yang paling eksotis dan pasti memacu adrenalin.

Berkunjung ke Goa dapat menjadi alternatif buat kamu yang bosan dengan tempat yang mainstream.

Daftar Rekomendasi Tempat Goa di Bogor 

Berikut ini tempat goa yang ada di Bogor:

1. Goa Cikarae

Goa Cikarae terletak di Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Di tempat ini kamu bisa melakukan telusur goa.

Dengan jalur lintasan penelusuran berbentuk horizontal dan interior goa yang luas menjadikan Goa Cikarae aman untuk ditelusuri.

Jangan lupa gunakan perlengkapan seperti baju pekerja tambang atau bengkel yang memiliki sirkulasi udara yang disebut coverall, sepatu boot, dan cahaya penerangan di kepala (headlamp).

Bawa juga baterai cadangan, sumber cahaya cadangan, tas anti air, handuk kecil, lilin, korek api, obat-obatan pribadi, dan juga tali pengaman (webbing).

Mengunjungi Goa Cikarae sangat disarankan untuk menggunakan pemandu atau instruktur.

2. Goa Gudawang

Goa ini paling salah satu yang cukup populer. Goa yang menghadirkan eksotisme alam. Berkunjung ke Goa Gudawang dapat membuat kamu lebih dekat dan merasakan indahnya alam sekitar Kampung Cipining. 

Yang terdapat di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Goa  ini memiliki kedalaman hingga 300 meter lebih. Serta memiliki segudang eksotisme alam yang dapat menjadi tempat foto unik.

Memasuki Goa ini tidak perlu membayar mahal, cukup dengan sepuluh ribu rupiah sudah bisa menikmati keindahan alam  yang mempunyai desain alami.

Goa Gudawang merupakan sebuah bebatuan unik dengan bentuk mengerucut dan umumnya dapat ditemukan menggantung pada sekitar dinding-dinding goa. 

Lokasi ini, sangat cocok bagi anda yang ingin menyaksikan pesona indah dari sebuah fenomena alam. 

Kawasan Goa Gudawang tepatnya terletak di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. 

Selain itu, lokasinya juga berjarak lebih kurang sekitar 44 kilometer dari Kota Bogor, dan dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang sekitar satu jam perjalanan.

Akses menuju kawasan goa tersebut, juga dapat ditempuh dari arah Kota Tanggerang, yakni lebih kurang sekitar 60 kilometer dan memakan sekitar dua jam perjalanan. 

Kawasan Wisata Goa Gudawang juga termasuk kedalam sebuah kawasan cagar budaya serta hutan yang dilindungi. 

Tidak salah bila panorama alam yang tersaji di sekitar objek wisata ini, tampak masih begitu asri dan alami, serta menawarkan suasana teduh dan udara menyegarkan.

Berbagai jenis pepohonan tumbuh dengan rindang menyelimuti seluruh permukaan kawasan wisata ini, sehingga sangat cocok digunakan sebagai areal untuk bersantai dan rekreasi. 

Terdapat pula beberapa fasilitas berupa tempat-tempat peristirahatan di sekitar areal wisata tersebut, yang dapat kita gunakan untuk duduk sembari menikmati sajian alam yang ditawarkan.

Keunikan dari Kawasan Wisata Goa Gudawang, yakni terdapat sekitar 12 buah goa dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda, serta tersebar di sekitar areal dengan luas lebih kurang sekitar 25 hektar tersebut. 

Goa Gudawang sendiri diambil dari bahasa penduduk setempat yang artinya adalah ekor kuda yang dikepang. 

Kawasan Wisata Goa Gudawang memiliki 3 buah goa yang telah dikembangkan menjadi objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya yakni Goa Sipahang, Simasigit dan Goa Simenteng.

Suasana alam disekitar mulut goa ini, terasa begitu sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Selain itu, berjalan serta menyusuri dalamnya Goa Sipahang akan menjadi sebuah kegiatan berpetualang yang begitu berkesan. 

Sebab tersaji berbagai rintangan alam yang harus kita lewati, guna dapat menyaksikan pesona dari goa dengan panjang lebih kurang sekitar 750 meter tersebut. 

Mulai dari lintasan bebatuan yang cukup licin, hingga keadaan di sekeliling yang tampak begitu gelap.

Mulai dari lorong-lorong goa dengan bentuk yang unik, Chamber atau sebuah ruangan yang luas di dalam perut goa, Gourdam atau kolam kecil yang terbentuk secara alami, serta berbagai jenis dan ukuran bebatuan Stalaktit dan Stalagmit di sekitar dinding goa. 

Dimana mulut goa tersebut, terlihat seperti sebuah arca kuno yang diukir menyerupai mulut seekor harimau.  

Goa lainnya, yakni Goa Simasigit. Tidak jauh beda dengan Goa Simenteng, mulut goa ini juga terbuat dari ukiran batu atau arca yang menyerupai mulut seekor harimau. 

Bahkan bebatuan unik tersebut dapat langsung terlihat pada bagian mulut goa yang memiliki panjang lebih kurang sekitar 30 meter tersebut.

3. Goa Garunggang

Banyak sekali Goa yang ada di Bogor, salah satunya adalah goa berlokasi di Sentul, Bogor atau lebih tepatnya di Jalan Ptp Terusan, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor yang bernama Goa Garunggang.

Goa berbentuk yang tak biasa ini dapat dijangkau dengan cara trekking dari destinasi wisata Hutan Hujan Sentul.

Goa yang berlokasi di Sentul, Bogor ini memiliki keunikan pintu masuk yang mengangga secara vertikal. Hal tersebut sehingga memudahkan kamu melihat keindahan dalam Goa. 

4. Goa Keraton

Goa yang dibuka untuk umum dan dapat kamu kunjungi selanjutnya adalah Goa Keraton yang berada di Jalan Lewikaret nomor 1, kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Bentuk Goa ini horizontal dengan balkon atau pendopo layaknya sebuah keraton, tetapi memiliki bentuk endapan yang cantik dan berbentuk lembaran tipis vertikal.

5. Goa Cikenceng

Goa ini terletak di Hambalang, Citeureup, Kabupaten Bogor. Saat berkunjung ke Goa Cikenceng ini kamu dapat melihat keindahan ornamen goa yang beraneka ragam.

Di sana terdapat seperti stalagmit, stalagtit, flowstone, colom dan berbagai macam relief lainnya yang sangat indah.

6. Goa Lalay

Goa Lalay di Desa Klapanunggal, Kabupaten Bogor, kini menjadi daya tarik wisatawan ke bekas galian tambang gunung kapur itu. 

Tempat ini terletak di desa Klapanunggal tersebut memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki beberapa ruang lebar 5 hingga 10 meter.

Goa Lalay Klapanunggal terbentuk secara alami, sama seperti goa karst lain.

Pengunjung ke Goa Lalay harus menggunakan perahu karet karena jalur masuk tergenang air dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Demikian ulasan dan informasi mengenai rekomendasi tempat wisata goa yang ada di Bogor. Gimana tertarik untuk berpetualang ke goa-goa?.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here