Monday, 27 May 2024
HomeKabupaten BogorMelalui SIPESAT, Pemkab Bogor Cegah Kriminalitas dan Jaga Ketertiban Selama Lebaran

Melalui SIPESAT, Pemkab Bogor Cegah Kriminalitas dan Jaga Ketertiban Selama Lebaran

Bogordaily.net Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pengamanan lebaran tahun 2024 dengan memanfaatkan teknologi Sistem Pengaduan Satpol PP () dan patroli cipta kondisi.

Hal tersebut dilakukan guna mengoptimalkan dalam menjaga dan menciptakan kondusifitas dan ketertiban umum wilayah Kabupaten Bogor.

Sekretaris Anwar Anggana menjelaskan terkait dengan pengamanan lebaran salah satunya mengoptimalkan layanan Sistem Pengaduan Satpol PP () yang terintegrasi dengan layanan Call Center 112 dan Command Center.

Masyarakat dapat dengan mudah melaporkan bila terjadi potensi yang dapat mengganggu ketertiban umum dan kondusifitas wilayah Kabupaten Bogor.

Menurutnya, layanan ini sangat efektif salah satu contohnya berdasarkan waktu lalu adanya aduan masyarakat. Melalui aplikasi terkait adanya penjual minuman keras di wilayah Gunung Putri, tepatnya di Kawasan Perumahan Legenda Wisata Cibubur.

“Jadi kita gerak cepat dalam mengantisipasi aduan-aduan tersebut. Begitu juga pengamanan lebaran kami akan kolaborasi dengan RT, RW diseluruh wilayah Kabupaten Bogor jika ada hal yang sifatnya mengganggu ketertiban wilayah bisa manfaatkan ,” kata Anwar Anggana.

“Kita akan gerak cepat menanganinya bersama petugas Bantuan Polisi Pamong Praja (Banpol) yang tersebar di 40 kecamatan,” tambahnya.

Baca Juga:

Pj Bupati Bogor: Jadikan Momentum Idul Fitri Bangkitkan Harmoni dan Keseimbangan Sosial

Selain itu, pihaknya juga akan memaksimalkan seluruh pasukan Satpol PP atau Banpol Kabupaten Bogor ada 217 orang yang akan ditugaskan di 9 posko. Antara lain Jonggol, Cileungsi, Cibinong, Stadion Pakansari, Metland, Parung Panjang, Parung dan secara nasional titiknya di Gadog dan Ciawi.

“Kita tugaskan semua di masing-masing posko tersebut. Sistemnya bergantian karena di samping ada personal 217 di mako kita juga memiliki 335 banpol yang tersebar di 40 kecamatan sesuai dengan wilayahnya,” imbuhnya.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk tidak meninggalkan rumah saat mudik dengan lampu padam. Karena hal itu akan memacu dan mengundang orang untuk melakukan tindakan kriminalitas.

Serta berkoordinasi dengan Satpam lingkungan, RT dan RW agar bisa menitipkan rumah yang akan ditinggal mudik.

“Kami Satpol PP senantiasa siaga dan gerak cepat menjaga ketertiban wilayah Kabupaten Bogor, demi keamanan dan kenyamanan masyarakat Kabupaten Bogor. Tidak hanya saat jelang lebaran tetapi juga pasca lebaran yang akan rutin kami lakukan,” ungkap Anwar Anggana. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here