Thursday, 23 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Raih Penghargaan Tingkat Nasional: Terbaik Pertama SPM Awards 2024

Pemkab Bogor Raih Penghargaan Tingkat Nasional: Terbaik Pertama SPM Awards 2024

Bogordaily.net Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berhasil meraih sebagai juara pertama pada penganugerahaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 Kategori Kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu 24 April 2024.

diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo. Pada ajang SPM Awards 2024.

dinilai berkinerja terbaik dalam pelaksanaan penerapan Standar Pelayanan Minimal pada tahun anggaran 2023.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan ini menjadi semangat, pemicu dan pemacu bagi aparat yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. Khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang berkeadilan.

“Ini adalah bagian dari upaya dan ikhtiar bersama. Tentunya capaian peringkat pertama SPM Awards tahun 2024 ini akan semakin meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat Kabupaten Bogor,” kata Asmawa, Rabu, 24 April 2024.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Yang mana pada pasal 130 ayat 1 mengamatkan Dana Alokasi Umum Atau DAU digunakan untuk memenuhi pencapaian SPM berdasarkan tingkat capaian kinerja layanan daerah.

“Selanjutnya pada pasal 141 ayat 1 dan pasal 144 ayat 2 menyatakan bahwa pemerintah daerah menyusun program pembangunan daerah dan belanja daerah berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pencapaian SPM,” ujar John Wempi.

Ia menambahkan, pelaksanaan urusan wajib pelayanan dasar yang dilaksanakan melalui SPM diharapkan akan menjamin terwujudnya hak-hak individu masyarakat. Serta dapat menjamin akses untuk mendapatkan pelayanan dasar yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Saya menyampaikan selamat kepada pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi yang menerima SPM Awards hari ini. Semoga ini menjadi spirit, dorongan, dan motivasi mewujudkan komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait urusan wajib pelayanan dasar. Selanjutnya saya minta terus tingkatkan strategi dan inovasi dalam pencapaian SPM,” ungkap Wamendagri John Wempi Wetipo. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here