Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorPj Bupati Bogor Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Pj Bupati Bogor Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Bogordaily.net – Penjabat (Pj) Asmawa Tosepu menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dan ancaman bencana.

Hal tersebut mengingat dengan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor

Ia juga meminta kepada jajaran Pemerintah Kecamatan dan Desa untuk senantiasa melakukan kesiapsiagaan bencana dan memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai mitigasi bencana kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kepada para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor untuk tidak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat terkait dengan kewaspadaan bencana ini,” kata Asmawa Tosepu kepada wartawan, Jum'at 19 April 2024.

Menurutnya, kewaspadaan terhadap bencana harus menjadi perhatian bersama antara seluruh aparat di wilayah Kabupaten Bogor juga masyarakat. 

“Kabupaten Bogor dengan bentang alam yang luas dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti hujan disertai angin kencang. Semua harus tetap waspada terhadap ancaman bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Jawa Barat merilis terkait himbauan kewaspadaan potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Barat pada tanggal 18-24 April 2024 dengan nomor ME.02.04/007/KBGR/V/2024

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilitas, diperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat. 

Adapun potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada tanggal 18 – 24 April 2024 di sebagian wilayah berikut Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang.

Kemudian Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Bandung Barat, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Kuningan, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Garut, Kab Indramayu, Kan dan Kota Cirebon.

Kepada masyarakat dan Instansi terkait di himbau agar waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologis (dampak cuaca ekstrem) seperti hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang.

Serta dampak kerusakan lainnya, khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut yang dapat meningkatkan ketebalan tanah dan memicu terjadinya tanah longsor.***

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here