Friday, 24 May 2024
HomeKabupaten BogorRSUD Cibinong Terus Kembangkan Inovasi dan Pelayanan 

RSUD Cibinong Terus Kembangkan Inovasi dan Pelayanan 

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong menjadi salah satu sentral layanan kesehatan di Kabupaten Bogor yang memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

RSUD Cibinong terus berupaya meningkatkan mutu layanan, cakupan layanan serta terdepan dalam keselamatan para pasien dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru maupun pengembangan layanan-layanan yang sudah ada.

Direktur , dr Yukie Meistisia Anandaputri Satoto menjelaskan, layanan kateterisasi jantung (Cath Lab) menjadi salah satu layanan terbaru yang ada di .

Pelayanan Cath Lab adalah pelayanan yang berpusat pada kesehatan jantung.

Pada layanan tersebut dapat dilakukan tindakan kateterisasi jantung untuk mengatasi serangan jantung yang dapat menimbulkan kematian.

Yukie mengungkapkan, ada pula layanan Neuroscience yang melayani kasus bedah syaraf, keluhan atau gangguan syaraf, alhamdulillah di sini alatnya yang paling lengkap.

Berikutnya adalah untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak, yakni penanganan gangguan tumbuh kembang anak.

“Kami punya layanan Rumah Tumbuh Kembang untuk layanan konsultasi anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, yang dilengkapi ruangan sensorik dan motorik. Layanan ini hanya ada di , jadi layanan kami cukup spesifik,” ujar dr Yukie Meistisia Anandaputri Satoto.

Selanjutnya ada “CAGEUR” atau Gancang Ngubaran Dulur, yang merupakan layanan rujukan, telemedicine dan home care yang dimiliki oleh juga dihadirkan sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendukung pemerataan pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

Yukie melanjutkan, layanan CAGEUR sudah berbasis aplikasi yang bisa diunduh oleh masyarakat di www.cageur.rsudcibinong.com.

Didalamnya terdapat layanan tele konsultasi, perawatan di rumah, farmasi, pelayanan nutrisi, pelayanan paliatif, asisten medis, evakuasi medis, tim medis gawat darurat, dan mini ICU.

Ini adalah salah satu upaya mewujudkan layanan pre hospital, hospital without wall, sebagai upaya mempermudah akses pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Tidak hanya itu, inovasi yang masih dalam tahap pengembangan yaitu “BOGOR HADE” yang merupakan layanan khusus gawat darurat untuk penyakit infeksi emerging dan zoonosis (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia),” jelasnya.

“Bogor Hade juga adalah pelayanan yang terintegrasi untuk pelayanan tradisional komplementer, untuk menangani pasien secara holistik, pengobatan tradisional komplementer itu melengkapi pelayanan kesehatan kedokteran modern,” tambah dr Yukie.***

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here