Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorAkses Bendungan-Sukabirus Bogor Macet, Jalur Alternatif ke Puncak Diminta Dilebarkan

Akses Bendungan-Sukabirus Bogor Macet, Jalur Alternatif ke Puncak Diminta Dilebarkan

Bogordaily.net –  Arus kendaraan di Jalan Bendungan-Sukabirus, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor yang menjadi salah satu jalur alternatif didera kemacetan pada Sabtu, 4 Mei 2024. Kondisi ini terjadi imbas pemberlakuan sistem one way di Jalan Raya .

Arus kendaraan yang melintas di jalur alternatif ini didominasi kendaraan dari arah menuju Jakarta dan Bogor sejak pukul 10.00 WIB. Sebab sistem satu arah sedang diberlakukan di Jalan Raya dari arah Jakarta-Bogor menuju Cianjur.

Selain meningkatnya jumlah kendaraan, kemacetan disebabkan di sepanjang jalur alternatif Bendungan-Sukabirus maupun Jalan Cikopo Selatan (Gadog hingga perbatasan Kecamatan Cisarua) terdapat banyak tikungan, turunan dan tanjakan, serta ruas jalan yang sempit.

Baca Juga: Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Hari Ini Sabtu, 4 Mei 2024

Dari pantauan Bogordaily.net di sepanjang ruas, tidak sedikit kendaraan yang mogok akibat tidak kuat menanjak.

Jalur Alternatif Puncak Bogor
Kondisi lalu lintas di salah satu jalur alternatif tepatnya di Jalan Bendungan-Sukabirus, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu, 4 Mei 2024. (Acep/Bogordaily.net)

Beruntung, warga selalu siaga di setiap tikungan dan tanjakan untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

Dadang, tokoh pemuda , mengatakan, ruas Cikopo Selatan maupun Bendungan-Sukabirus sudah saatnya untuk dilebarkan.

“Kondisi jalur alternatif menuju ini mendesak untuk dilebarkan karena kemacetan bukan hanya terjadi pada hari libur atau akhir pekan. Hari-hari biasa saja di titik-titik tertentu sering macet,” ujar Dadang.

Menurut Dadang, jalur alternatif Cikopo Selatan dan Bendungan-Sukabirus di wilayah Kecamatan Megamendung adalah akses vital sebagai penyangga Jalan Raya .

“Makanya saya sebagai warga sangat setuju apabila ada rencana pelebaran Jalan Cikopo Selatan dari Gadog sampai perbatasan Cisarua maupun Bendungan-Sukabirus dari arah Ciawi,” paparnya.

Sebelumnya, pelebaran dan peningkatan ruas Jalan Bendungan-Sukabirus dan Gadog-Cikopo Selatan-Cisarua menjadi usulan utama dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Megamendung, Senin 4 Maret 2024 lalu. Bahkan, usulan tersebut telah masuk dalam Musrenbang Tingkat Kabupaten Bogor.

“Pelebaran Jalan Bendungan – Sukabirus dan Gadog – Cikopo Selatan – Cisarua ini sudah sangat mendesak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pengguna jalan,” kata Camat Megamendung, Ridwan.

Ridwan memaparkan dengan dilebarkannya dua jalur tersebut akan menumbuhkan taraf perekonomian masyarakat dan memunculkan cluster-cluster perekonomian masyarakat di jalur tersebut.

Maka, kata dia income per kapita dan IPM masyarakat juga meningkat. Daya beli masyarakat akan tinggi dan tentu berpengaruh terhadap lama sekolah, lama hidup, derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pelebaran dan peningkatan Jalan Bendungan – Sukabirus dan Gadog – Cikopo Selatan – Cisarua ini Rp200 miliar. (Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here