Thursday, 23 May 2024
HomeNasionalLangkah Pencegahan Asma, Salah Satu Penyakit dengan Pravalensi Tinggi

Langkah Pencegahan Asma, Salah Satu Penyakit dengan Pravalensi Tinggi

Bogordaily.net – Rumah Sakit (RS) melalui Dokter Spesialis Paru, dr. Sanri Pramahdi, Sp.P, FISR, memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya pemahaman dan pencegahan terhadap penyakit asma. Hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Asma Sedunia pada 7 Mei 2024.

Asma merupakan salah satu penyakit yang prevalensinya tinggi di Indonesia. dr. Sanri Pramahdi menjelaskan bahwa asma merupakan penyakit yang bersifat menurun, dan gejalanya dapat diamati sejak dini.

“Kita harus memahami bahwa asma ini adalah suatu penyakit yang menurun dan ini bisa kita amati gejalanya dari awal,” ujar dr. Sanri yang dikutip melalui Instagram @murniteguhciledug pada Rabu 8 Mei 2024.

Lebih lanjut, dr. Sanri mengingatkan bahwa pencegahan adalah langkah penting dalam mengurangi keparahan asma.

“Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mencegah asma tidak berat adalah kita harus menjaga pola hidup sehat serta harus memperhatikan faktor-faktor yang bisa mencetuskan bahwa kita bisa tambah berat asmanya,” tambahnya.

Dalam harapannya untuk masa depan, dr. Sanri berharap agar masyarakat lebih memperhatikan kondisi kesehatan secara keseluruhan, sehingga angka kejadian asma dapat ditekan di Indonesia.

“Mungkin dengan ke depannya, saya berharap masyarakat bisa memperhatikan kondisi kesehatan kita lebih maksimal lagi. Sehingga, asma tidak berkembang lebih jauh di Indonesia,” pungkasnya.

Rumah Sakit (RS) juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi lainnya dalam rangka Hari Asma Sedunia, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengelolaan asma.

Acara tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat secara keseluruhan.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here