Monday, 27 May 2024
HomeKota BogorSimak Penjelasan Dokter RS Azra Bogor tentang Penyakit Thalassemia

Simak Penjelasan Dokter RS Azra Bogor tentang Penyakit Thalassemia

Bogordaily.net   Penjelasan dokter Rumah Sakit (RS) Azra Bogor tentang penyakit .

Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit , dr. Kevin Irawan, dr. Sp. PD, ahli penyakit dalam di , memberikan edukasi yang informatif dan penting tentang penyakit .

merupakan sebuah kelainan darah yang bersifat turunan dari orang tua kepada anaknya.

Pada penderita , terjadi kelainan dalam pembentukan hemoglobin, yang merupakan protein pembawa oksigen dalam sel darah merah.

“Hal ini menyebabkan pasien mengalami anemia, yaitu kekurangan sel darah merah yang sehat,” kata dr. Kevin yang dikutip di unggahan Instagram @rsazra, Jumat, 10 Mei 2024.

Baca Juga: Apa Saja Gejala dan Bagaimana Penanganan Asma? Ini Penjelasan RS Azra Bogor

Menurut dr. Kevin Irawan, tanda dan gejala bisa bervariasi. Mulai dari mudah lelah, pucat, letih, lesu, hingga gejala yang lebih serius seperti kulit kuning, pusing, sakit kepala, pembesaran organ tubuh seperti hati, maupun gejala-gejala lain yang mengganggu.

“Sangat penting bagi individu yang memiliki gejala atau merasa memiliki risiko untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengelolaan lebih lanjut,” ungkap dr. Kevin Irawan.

Dalam edukasi tersebut, dr. Kevin Irawan juga memberikan informasi tentang upaya pencegahan dan manajemen penyakit .

“Pencegahan terbaik adalah dengan memahami riwayat keluarga dan melakukan konsultasi genetik sebelum pernikahan atau kehamilan. Untuk penderita thalassemia, pengelolaan yang baik melalui transfusi darah teratur dan manajemen komplikasi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka,” tambahnya.

berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan dukungan kepada masyarakat dalam menghadapi berbagai kondisi kesehatan, termasuk thalassemia.

Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan deteksi dini, pengelolaan yang optimal, dan kualitas hidup bagi para penderita thalassemia.

Kesehatan adalah investasi utama, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan kesehatan Anda yang terbaik. (Ibnu Galansa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here