Monday, 20 May 2024
HomePolitikTiga Kandidat Calon Gubernur Jabar 2024 dari PDIP Tunggu Restu DPP

Tiga Kandidat Calon Gubernur Jabar 2024 dari PDIP Tunggu Restu DPP

Bogordaily.net – Tiga nama kandidat kandidat Calon Gubernur (Cagub) Jabar 2024 dari PDIP kini tinggal menunggu restu DPP.

Hal itu setelah PDIP Jawa Barat (Jabar), sudah mengantongi tiga nama yang akan didorong untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024, salah satunya Rieke Diah Pitaloka.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono, mengatakan meski sudah mengantongi nama yang akan disiapkan sebagai calon gubernur (Cagub) dari PDIP untuk Pilgub Jabar 2024.

Namun belum dipastikan siapa yang bakal ditugaskan dan saat ini PDIP Jabar masih mengkomunikasikannya dengan DPP.

“Ini kami lagi berproses DPD PDI Perjuangan Jawa Barat terus memproses itu, ada beberapa figur yang sekarang itu tersisa tiga,” kata Ono Surono, Rabu (8/5/2024).

Menurut Ono, sebelumnya ada lima nama yang disiapkan untuk maju pada Pilgub Jabar 2024, namun saat ini mulai mengerucut menjadi tiga. 

Selain dirinya yang juga niat untuk maju, nama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka juga menjadi kandidat yang disiapkan.

“Dari lima yang kemarin saya sebutkan, sekarang tersisa tiga (yaitu) saya, Pak Jeje Wiradinata, dan ibu Rieke Diah Pitaloka. Ini kami teruskan komunikasikan kepada DPP partai,” ujarnya.

Nama yang disiapkan, akan disodorkan ke pusat dan jika sudah ada surat tugas, maka PDIP Jabar akan langsung mencari koalisi untuk Pilgub Jabar 2024.

“Pada akhirnya juga kan pendalaman, fit and proper test terhadap bakal calon itu pada akhirnya diputuskan oleh DPP partai direkomendasikan. Sehingga, nanti sebelum rekomendasi itu pasti salah satunya akan diberikan surat tugas untuk mencari pasangan dan untuk mencari koalisi partainya,” jelasnya.

Mengenai posisi yang diincar pada Pilgub Jabar 2024, Ono mengatakan PDIP Jabar cukup fleksibel dalam menentukan Jabar 1 atau 2. 

Selain itu, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan DPP untuk menentukan nama kader yang ditugaskan.

“Fleksibel, bisa di Jabar satu atau Jabar dua. Kami lihat nanti survei lihat terkait dengan koalisinya, lihat figurnya, kami masih fleksibel,” ungkapnya.

PDIP Safari Politik 

Sementara itu, menjelang Pilgub Jabar 2024 PDIP Jabar sebelumnya menggelar safari politik ke DPD partai Golkar Jabar di Jalan Maskumambang, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/5/2024).

Menurut Ono, setelah berkunjung ke DPD partai Golkar, silaturahmi atau safari politik tersebut akan dilakukan juga oleh PDIP Jabar ke partai politik lainnya di Jawa Barat. Pasalnya pada Pilgub Jabar 2024 ini, tidak ada satu partai pun yang bisa mencalonkan sendiri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here