Saturday, 20 July 2024
HomeNasionalCara Efektif Mencegah dan Menangani Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Cara Efektif Mencegah dan Menangani Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Bogordaily.net – Dokter Spesialis Bedah Urologi Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta, dr. Putu Ratih Dian Pardani, SpU memberikan edukasi terkait penanganan khususnya pada wanita.

dr. Putu Ratih Dian Pardani menjelaskan, adalah infeksi yang mengenai organ-organ di saluran kemih, mulai dari ginjal, uretra, kandung kemih, sampai saluran kemih bagian bawah lainnya.

“Infeksi ini bisa terjadi pada berbagai usia baik pria maupun wanita, namun yang paling sering terkena adalah wanita,” kata dr. Putu Ratih Dian Pardani, SpU, Jum'at 14 Juni 2024.

Menurutnya, saluran kemih bagian wanita yaitu uretra itu cukup pendek sehingga mudah mendapat kontaminasi bakteri dari area sekitarnya.

“Meskipun wanita rentan mendapatkan pada umumnya infeksi pada wanita itu bersifat ringan dan terbatas di saluran kencing bagian bawah, yaitu di area kandung kemih yang biasa kita sebut sistimis,” jelasnya.

Gejala

Ia mengatakan, berbagai gejala dialami penderita yang sering dikeluhkan oleh pasien yaitu anyang anyangan, kencingnya perih, kencingnya sedikit namun sering, perubahan warna kencing, atau ada kencing berdarah

“Jika Anda mengalami gangguan tersebut tentunya jangan khawatir bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi,” ujar dr. Putu Ratih Dian Pardani, SpU

Kemudian, ia turut mengungkapkan bagaimana caranya agar tidak terkena infeksi, diantaranya dengan banyak meminum air putih, kedua hindari kebiasaan untuk menahan kencing.

“Kemudian selalu jaga kebersihan area kewanitaan, segera basuh area kewanitaan setelah aktifitas seksual, dan juga tentunya dengan pola hidup sehat aktifitas fisik, olahraga yang cukup dan banyak makanan yang bergizi,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi wanita yang ingin melakukan pemeriksaan saluran kemih, Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta menyediakan layanan konsultasi yang berkualitas.

Dengan tenaga medis yang kompeten dan fasilitas yang memadai, siap memberikan pelayanan terbaik dalam upaya menjaga kesehatan saluran kemih.

Untuk informasi lebih lanjut atau untuk membuat janji konsultasi, silakan hubungi di nomor 0811-6805-333.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here