Saturday, 13 July 2024
HomeKota BogorDiikuti Berbagai Atlet dari ASEAN, IWBF Gelar Training Camp 3x3 Wheelchair Basketball...

Diikuti Berbagai Atlet dari ASEAN, IWBF Gelar Training Camp 3×3 Wheelchair Basketball Championship di kota Bogor

Bogordaily.net () menggelar 3×3 Wheelchair pada 28-30 Juni 2024 di Fullbelly Sport, Kota Bogor.

Adapun berbagai Tim Wheelchair Basketball dari ASEAN mengikuti kegiatan ini diantaranya ada dari Indonesia, Singapura, Thailand, Philipina, Cambodia, dan juga Laos.

Manager Bagus Andrian Jhon mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan agenda rutin dari bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), NPCI, dan juga komunitas Wheelchair Basketball yang ada di Indonesia.

“Jadi ini timnas yang baru dibentuk kita bekerja sama dengan Jakarta Swift dan komunitas Wheelchair Basketball yang ada di Indonesia, kita ingin mengukur sejauh mana posisi kita di ASEAN dan persiapan untuk event Internasional salah satunya Asean Games di tahun depan,” kata Bagus Andrian kepada wartawan usai gala dinner di Fullbelly Sport, kota Bogor, Sabtu 29 juni 2024.

Menurut Bagus, tujuan digelarnya kegiatan event ini salah satunya untuk melihat sejauh mana persiapan untuk event Asean Para Games tahun depan.

Kemudian, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Timnas Wheelchair Basketball dari Indonesia salah satunya dengan studi banding terhadap negara tetangga Thailand yang sering mendulang emas dalam setiap kejuaraan Wheelchair Basketball.

“Sekaligus kemarin kita dari tim nasional Wheelchair Basketball sudah studi banding ke Thailand karena mereka penyumbang emas kita ingin tahu programnya seperti apa, dan kita belajar bagaimana caranya memanage tim Wheelchair Basketball yang bagus,” jelasnya.

Wheelchair Basketball

Sementara itu nantinya, tidak menutup kemungkinan usai kegiatan ini pihaknya akan bekerja sama dengan Kemenpora untuk menyelenggarakan liga Wheelchair Basketball di Indonesia.

“Jadi ingin buat industrinya dan kita ingin memfasilitasi kawan-kawan disabilitas untuk bermain basket kita sediakan programnya dan kita sediakan wadahnya,” ujar Bagus.

Ia berharap, melalui event ini ke depannya olahraga Wheelchair Basketball akan semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia khususnya para penyandang disabilitas. Serta akan semakin banyak lagi atlet disabilitas yang berprestasi dan juga menyumbangkan emas dalam setiap kejuaraan yang ada baik nasional, maupun internasional.

“Ke depannya basket ini bukan hanya secara umum tetapi kawan-kawan disabilitas bisa join di para basket karena industrinya sudah semakin diminati,” ungkapnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here