Thursday, 25 July 2024
HomeKota BogorGelar Festival Qurban 1445 H, BAZNAS Kota Bogor Bagikan Daging Kepada Masyarakat

Gelar Festival Qurban 1445 H, BAZNAS Kota Bogor Bagikan Daging Kepada Masyarakat

Bogordaily.net – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor melaksanakan Festival Qurban 1445H di Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, kota Bogor pada Selasa 18 Juni 2024.

Dengan mengambil tema, “Menjalin Kasih Raih Berkah Qurban Untuk Sesama” kegiatan ini turut dihadiri langsung Pj Walik Kota Bogor, Hery Antasari, Wakil Ketua 1 para anggota dan juga masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan tersebut, dimulai dengan penyembelihan hewan kurban berupa 48 ekor Kambing kurban, yang dilakukan oleh para petugas dibantu oleh masyarakat sekitar. Kemudian, dilanjutkan makan bersama dan juga penyerahan kepada masyarakat.

Wakil Ketua I , Subhan Murtadla mengatakan bahwa, pada tahun ini pihaknya menyembelih sebanyak 48 hewan kurban berupa kambing hasil donasi dari masyarakat, dan juga beberapa instansi bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Jadi ini merupakan program pertama yang diadakan di Kota Bogor dan di lingkungan Baznas di Indonesia,” kata Subhan Murtadla kepada wartawan, Selasa 14 Juni 2024.

Menurutnya, Festival Qurban Baznas 1445 H ini memiliki konsep utama yaitu membagikan daging qurban kepada masyarakat kurang mampu di lingkungan masjid, DKM masjid yang minim hewan kurbannya.

Kemudian, makan daging qurban bersama tokoh masyarakat, sohibul qurban (Mudhohi) beserta mustahiq penerima manfaat daging qurban.

Festival Qurban Baznas 1445 H diselenggarakan. Diantaranya, merayakan Rangkaian Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Kedua, sebagai sarana Syiar dan dakwah dalam meneladani Nabi Ibrahim A.S. Ketiga, meningkatkan konsumsi protein hewani dalam pencegahan stunting di masyarakat.

Keempat, pemerataan penyebaran di wilayah Kota Bogor. Kelima, memperat Ukhuwah Islamiyah ‘Makan Bersama Sohibul Qurban (Mudhohi), Pejabat Pemerintah Kota dan Mustahik Pilihan (Fakir Miskin, Yatim Piatu)'.

“Harapanya semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu sesama masyarakat khususnya di Kota Bogor, dan juga memberikan keberkahan di momen hari raya idul adha,” ungkap Subhan Murtadhla.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here