Sunday, 14 July 2024
HomeTravellingJadwal dan Harga Feeding Panda Merah di Taman Safari Bogor, Cek di...

Jadwal dan Harga Feeding Panda Merah di Taman Safari Bogor, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Simak jadwal dan harga atau nama ilmiahnya Ailurus fulgens di . Untuk berjumpa dan berinteraksi dengan satwa lucu ini, Sahabat Satwa bisa naik bus khusus yang disediakan menuju Istana Panda.

“Untuk menuju Istana Panda, pengunjung tidak perlu lagi membayar tiket. Kami sediakan bus khusus yang bisa dinikmati gratis, karena masuk tiket terusan,” ungkap General Manager (GM) , Lies Yuwati.

Panda merah adalah hewan karnivora dari Himalaya Timur dan barat daya Tiongkok. Satwa yang satu ini memang salah satu mamalia yang sulit dipahami dan sangat misterius dari berbagai keanekaragaman hayati di hutan Himalaya.

Mereka biasa disebut “firefox”, “lesser-panda”, hingga “beruang kucing merah”. Namun, beberapa ahli lebih suka menyebut mereka sebagai “Panda Pertama” dan “Panda Asli”.

“Untuk feeding dan beriteraksi dengan panda merah ini hanya Rp75 ribu. Pengunjung kami berikan kesempatan untuk berfoto, memberi makan dan belajar mengenai fakta-fakta unik mereka,” ungkap Lies.

Ailurus fulgens tergolong satwa yang terampil dan akrobatis karena sebagian besar tinggal di atas pohon. Hampir 50 persen habitat panda merah ada di Himalaya Timur.

“Mereka menggunakan ekornya yang panjang dan lebat untuk keseimbangan dan menutupi diri di musim dingin. Satwa ini sangat gemar memakan bambu,” ungkap Head of Medical Animals , drh. Bongot Huaso Mulia, M.Si.

Bongot mengatakan, saat ini di terdapat 6 ekor panda merah, di antaranya 2 ekot jantan 4 ekor betina.

Panda merah memiliki perawakan mirip seperti beruang dengan bulu cokelat kemerahan yang tebal. Perut dan anggota badannya berwarna hitam. Ada tanda putih di sisi kepala dan di atas matanya yang kecil.

Ia memiliki ekor lebat tebal dengan enam cincin merah kekuningan yang sangat panjang. Ekornya berukuran panjang dari sekitar 28 hingga 49 cm dan digunakan oleh panda merah untuk membantunya menyeimbangkan diri di pepohonan.

Mereka juga menggunakannya untuk menutupi diri mereka dari cuaca dingin. Kaki mereka pendek dan hitam. Mereka memiliki bulu di telapak kaki mereka yang mencegah tergelincir di cabang basah dan membantu menjaga tubuhnya tetap hangat.

“Cakar-cakar pada kakinya bersifat semi-retractable sehingga tidak rusak saat berjalan di tanah dan tetap tajam untuk memanjat pohon,” jelas Bongot.

Panda merah memiliki 38 gigi yang mereka butuhkan untuk memakan makanan utama mereka, yaitu bambu.

Panjang tubuh rata-rata panda merah adalah 51 hingga 64 cm dengan panjang ekor 28 hingga 49 cm.

Berat rata-rata panda merah jantan adalah 4,5 hingga 6,2 kg dan betina 3 hingga 4,5 kg. Sementara itu, rentang usia panda merah liar adalah sekitar 12 tahun. Sementara jika mereka tinggal di penangkaran yang baik, maka usianya bisa mencapai 15 tahun.

“Sebagian besar makanan panda merah adalah daun bambu dan mereka memakan batangnya di musim semi. Mereka juga makan buah di musim panas,” jelas Bongot.

Bagaimana, penasaran kan dengan tingkah lucu mereka? Buruan kunjungi panda merah nan menggemaskan ini di . Pesan tiket masuknya DI SINI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here